Lifestyle

Madu, Si Manis yang Baik Buat Kesehatan

  • 15 May 2017
  • Bagikan :

    Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya rutin melakukan olahraga dan menjaga pola makan. Konsumsi bahan alami seperti madu juga bisa bermanfaat untuk tubuh.

    Selain nikmat dijadikan sebagai bajan campuran makanan dan minuman, dilansir HealthLine, berikut ini 5 khasiat madu bagi kesehatan :

    1. Menghilangkan Luka Bakar

    Madu dapat membuat luka lebih steril dalam waktu singkat, meningkatkan penyembuhan, dan tidak meninggalkan banyak bekas luka seperti pada pengobatan lainnya. Hal ini dikemukakan Mayo Clinic, hasil penelitian juga menunjukkan madu dapat mengurangi bekas kulit yang terbakar.

    2. Meningkatkan Daya Ingat

    Beberapa orang mengatakan madu juga bisa meningkatkan daya ingat, baik memori jangka pendek maupun panjang, terutama saat memasuki masa menopause.

    Dalam sebuah penelitian, perempuan menopause yang diberi madu selama beberapa minggu, akan memperlihatkan efek perbaikan dalam memorinya.

    3. Diabetes

    Madu memiliki indeks glikemik lebih rendah dari gula, namun bisa menghasilkan rasa manis yang tak kalah dari gula. Hanya dengan sedikit madu, kamu bisa menikmati rasa manis makanan atau minuman tanpa khawatir diabetes meningkat.

    Hal ini membuat madu adalah pilihan yang lebih baik daripada gula. Dalam studi ilmiah, peneliti menemukan madu murni adalah cara yang efektif untuk menjaga kadar gula darah stabil.

    4. Herpes

    Penelitian yang dilakukan di Dubai menunjukkan madu adalah pengobatan yang efektif untuk kedua jenis penyakit herpes, yakni oral dan genital. Madu juga dapat menyembuhkan luka yang disebabkan dari herpes dan bisa mengurangi rasa gatal.

    5. Kanker

    Madu memiliki sifat antioksidan, yang disebut-sebut dapat mengobati kanker. Sebuah studi dari Iran yang dilakukan pada tahun 2011 mengemukakan, madu bisa mempengaruhi karsinoma sel ginjal, jenis kanker ginjal. Para peneliti juga menemukan madu efektif dalam menghentikan sel kanker berkembang.

     

    Tags : Madu Sehat Minuman