home ×
Digilife

Mengawal Video 50 Detik dan Keberadaan Jack Ma

25 January 2021 By
 Mengawal Video 50 Detik dan Keberadaan Jack Ma
Share
Share
Share
Share

Jack Ma (Foto: Bloomberg)

Uzone.id - Hilang dari hadapan publik selama beberapa bulan, lalu muncul di video selama 50 detik. Itulah Jack Ma, yang sampai hari ini aktivitasnya mendadak ‘tiarap’ sejak mengkritik Pemerintah China.

Video 50 detik memang pendek, namun efeknya sangat panjang. Membuat saham Alibaba meroket, di satu sisi memunculkan teori-teori yang mempertanyakan keberadaannya.

"Bagaimana keadaan Jack Ma sebenarnya itu tergantung pada Beijing untuk mengungkapkannya pada kita. Apakah dia bersembunyi atau yang lainnya, tidaklah jelas. Ada banyak dari cerita ini yang masih belum kelihatan," cetus Leland Mlller, CEO perusahaan konsultasi China Beige Book, seperti dikutip Uzone.id dari Reuters, Senin (25/1).

Baca juga: Jack Ma Nongol Sebentar, Saham Alibaba Melesat

Bagi beberapa orang, kehadiran Jack Ma selama 50 detik masih membuat sejumlah kalangan bertanya-tanya, bahkan menyangsikan kehadirannya apakah benar-benar itu dia?

Termasuk soal hubungannya dengan Pemerintah China, apakah sudah membaik atau masih bersitegang.

Baca juga: Jack Ma Menghilang 2 Bulan, Saham Alibaba Turun 3%

“Sepertinya pertanda hubungannya dengan regulator Beijing telah stabil. Itu tak berarti kerajaan korporat Jack Ma sudah bebas dari rasa cemas. Semuanya masih tanda tanya,” ujar Brock Silvers dari Kaiyuan Capital.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article