New Normal, Avanza Cuma Bisa Dikalahkan Virus Corona? - Uzone
home ×
Auto

New Normal, Avanza Cuma Bisa Dikalahkan Virus Corona?

22 May 2020 By
 New Normal, Avanza Cuma Bisa Dikalahkan Virus Corona?
Share
Share
Share

Uzone.id - Toyota Avanza gak pernah salah ketika dijuluki mobil sejuta umat. Sejauh ini, low MPV andalan Toyota tersebut selalu jadi mobil paling laris se-Indonesia!

Entah sudah sejak kapan para pesaingnya coba untuk mengusik singasana Tyota Avanza, mulai dari Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Nissan Livina, dan yang paling fenomenal adalah Mitsubishi Xpander.

Tapi pada akhirnya semua berguguran dan gagal menjungkirkan Toyota Avanza sampai saat pandemi corona menyerbu. Toyota Avanza pun melemah dan terkalahkan--apakah ini berarti Avanza cuma bisa dikalahkan virus corona?

Baca juga: 5 Fakta 20 Mobil Terlaris April 2020

Puncaknya terjadi pada April 2020, disaat banyak pabrikan sudah pasrah dengan pandemi. Pbrik tidak beroperasi, diler-diler tutup, sehingga penjualan mobil nasional anjlok 89,9 persen untuk wholesales dan bahkan 90 persen untuk ritel sales.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota yang pada bulan Maret masih mencatatkan penjualan sebanyak 26.191, di bulan April hanya menjual sebanyak 2.056. Ini Toyota lho, gimana pabrikan lain?

Dari angka tersebut, justru Innova yang jadi penyumbang paling banyak dengan 479 unit, baru kemudian Fortuner menyumbang 252 unit. Sisanya disumbang Agya 250 unit, Rush 218 unit, Alphard 136 unit, dan Yaris 102 unit.

Penjualan Avanza sepanjang April 2020 hanya 277 unit. Padahal dalam kondisi normal, setidaknya paling sedikit 5 ribuan unit lebih terjual.

Pencapaian tersebut menempatkan Avanza pada posisi ke-6 dari daftar 20 mobil terlaris April 2020. Tersalip gak hanya oleh Mitsubishi Xpander, tapi juga empat mobil lainnya.

Honda Brio pun memimpin dengan capaian 766 unit, kemudian Sigra 479 unit, Innova 455 unit, Xpander 380 unit dan APV 293 unit.

Sekali lagi, apakah ini pertanda Avanza cuma bisa dikalahkan oleh virus corona? Sehingga jadi menimbulkan rasa penasaran ketika nanti pasca pandemi dalam kondisi yang katanya New Normal bagaimana sepak terjang Avanza di segmen mobil nasional.

Apakh akan tetap berjaya kembali--yang artinya gak ada New Normal untuk penjualan mobil di Tanah Air, atau memang Avanza sudah dianggap habis dan berganti dengan mobil lain sebagai yang terlaris di Indonesia--New normal. Hmm, kita nantikan saja..

VIDEO Seting Audio Standar Pabrik Honda Brio Satya:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Dwi Erna Astutik Erna 22 May 2020 | 11:51:06

seperti roda kehidupan kadang diatas kadang dibawah yg jaya ga selamanya unggul

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article