icon-category Lifestyle

Peduli Kesehatan Mental, Warganet Dunia Serukan #WorldSuicidePreventionDay

  • 10 Sep 2019 WIB
Bagikan :

Foto: (Twitter)

Uzone.id - Kalau kamu lagi memantau deretan trending topic Twitter pada Selasa (10/9), kamu wajib menyimak satu hal: tanda pagar (tagar) #WorldSuicidePreventionDay.

Dalam dunia kesehatan, World Suicide Prevention Day atau Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia jatuh pada 10 September. Ini merupakan kampanye yang mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk mencegah tindakan bunuh diri.

Pada 2018, Twitter sudah mengampanyekan hal serupa lewat video pendek berdurasi 23 detik. Dalam video tersebut, Twitter menulis #WorldSuicidePreventionDay dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Baca juga: Ramalan Bintang Kamu Pekan Ini: Capricon Bakal Ketemu Seseorang dari Masa Lalu

Ingat, selalu ada bantuan. Temukan sumber daya yang mungkin Anda atau orang yang Anda cintai, dengan mengklik di bawah ini.

Video pendek tersebut kembali muncul pada 10 September 2019 di Twitter Filipina. Mereka bekerja sama dengan berbagai pihak di bidang kesehatan untuk meningkatkan kepedulian dalam mencegah tindakan bunuh diri.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyuarakan tagar #WorldSuicidePreventionDay dan fakta bahwa setiap 40 detik satu orang meninggal karena bunuh diri. Bunuh diri bisa dicegah. Kamu bisa meminta bantuan kepada dokter kesehatan jiwa di rumah sakit.

Gak cuma Twitter dan WHO, warganet dari seluruh pun menyerukan hal yang sama. Akun Twitter Adorable Fie (@sopesoph), misalnya.

Baca juga: Bahas KKN Desa Penari, Mbah Mijan Ungkap Nasib Nur dan Widya Saat Ini

Ia menulis, “Selamat pagi, hari ini 10 September, adalah Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia. Ingat, bunuh diri tidak menyelesaikan masalahmu. Tolong bicara, dan kamu akan didengar. #WorldSuicidePreventionDay

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini