Telco

Siapa Paling Butuh 5G di Indonesia?

  • 18 December 2019
  • Bagikan :
     Siapa Paling Butuh 5G di Indonesia?

    Ilustrasi (Dok: Telkomsel)

    Uzone.id - Gembar-gembor kehadiran teknologi jaringan internet generasi kelima (5G) di Indonesia, memang masih sebatas uji coba saja. Telkomsel, mungkin salah satu operator di tanah air yang termasuk getol.

    Pertama kali uji coba oleh Telkomsel pertama kali dilakukan saat gelaran Asian Games tahun 2018. Kemudian dilanjutkan di tahun 2019 ini.

    Uji coba dan demonstrasi Telkomsel 5G ini dilakukan beberapa kali, Telkomsel 5G untuk industri dilakukan di Batam pada tanggal 28 November 2019 kemudian berlanjut di acara NextDev Summit, 7 Desember lalu.

    Baca juga: Jaringan 4G Telkomsel Sudah Kencang di Tol Layang Japek

    Pertanyaan pun muncul, siapa sih yang membutuhkan jaringan 5G di Indonesia saat ini.

    “Selain konsumen, tentu saja yang bisa memaksimalkan teknologi 5G ini adalah industri,” kata Christian Guna Gustina, General Manager Network Stratagic Roadmap. , saat Media Update, di Jakarta.

    Baca juga: Ada Kompetisi PUBG Total Hadiah Rp 1 M

    Dia menyebutkan ragam industri bisa memaksimalkan teknologi 5G ini, misal Industri Agrikultur di mana penyiraman pupuk dengan luas lahan 4 hektar dapat dilakukan dalam waktu 1 jam dengan berbasis teknologi.

    “Industri perminyakan pun bisa melakukan, seperti memanfaatkan drone untuk memantau saluran pipa sepanjang 240 km dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan helikopter,” tambah dia.

    Untuk bidang pendidikan pun juga bisa, misalnya dengan memadukan teknologi Augmented Reality (AR) dan jaringan 5G sehingga mampu menghadirkan interaksi virtual yang lebih nyata pada transmisi komunikasi di dalam kelas, meski dilakukan di daerah terpencil sekalipun.

    Namun dia menjelaskan industri manfukatur yang paling mendekati untuk bisa memanfaatkan teknologi 5G ini.

    VIDEO Hands-on Galaxy Fold

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);