Auto

Test Drive New Mitsubishi Xpander di Sirkuit PT Bridgestone Tire

  • 19 November 2021
  • Bagikan :
     Test Drive New Mitsubishi Xpander di Sirkuit PT Bridgestone Tire

    New Mitsubishi Xpander (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberi kesempatan kepada awak media untuk melakukan test drive New Mitsubishi Xpander di sirkuit PT Bridgestone Tire di Karawang, Jawa Barat, pada Selasa (16/11/2021).

    Mitsubishi menyediakan dua unit Xpander varian Ultimate CVT untuk 'disiksa', yang satu warna abu-abu dan satu lagi warna putih.

    Transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4, yang menghasilkan output maksimum: 105 PS pada 6.000 RPM, torsi 141 N.m pada 4.000 RPM.

    Menggunakan embel-embel "new", Xpander terbaru mendapat penyegaran dengan menonjolkan ubahan pada bagian lampu depan dan belakang dengan desain T-Shape. Hasilnya, memang lebih gagah sih!

    BACA JUGA: Gojek dan TBS Bangun Manufaktur Motor Listrik dan Teknologi Baterai

    Kebetulan tim Uzone.id mendapat kloter pertama dalam pengujian Xpander ini, mengingat kondisi Indonesia masih diselimuti pandemi Covid-19 sehingga panitia pun membagi giliran untuk para awak media.

    Ketika pertama kali duduk di kokpit, Mitsubsihi Xpander terbaru ini terlihat lebih mewah. Paling mencolok arm rest bagian pintu depan maupun belakang sudah dilapis soft touch, begitu juga bagian dashboard-nya.

    Kemudian, rem tangan ditarik sudah menghilang digantikan Electric Parking Brake with Brake Auto Hold.

    Touchscreen Audio juga lebih besar jadi 8" dibandingkan generasi sebelumnya 7". Sistem AC di Xpander terbaru sudah digital sedangkan generasi sebelumnya pakai manual.

    Xpander tipe Ultimate ini membawa banyak fitur keselamatan, seperti Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar, New Speed Sensitive Automatic Door Lock, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist.

    Ada lima fokus dalam test drive Mitsubishi Xpander terbaru di Sirkuit PT Bridstone Tire ini, yakni akselerasi, handling, suspensi, kekedapan, dan visibilitas.

    New Mitsubishi Xpander (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id) 

    1. Akselerasi

    Mengawali perjalanan keliling sirkuit, di rpm rendah mobil ini terasa halus perpindahan giginya, tak ada lagi tenaga yang hilang di sela perpindahan gigi seperti yang terjadi di generasi sebelumnya dengan transmisi AT.

    Sirkuit PT Bridgestone Tire terdapat trek lurus sepanjang 840 meter sehingga memungkinkan Xpander dipacu dengan kecepatan tinggi, meskipun dibatasi hingga 120 kpj saja.

    Kami pun tak segan menginjak pedal gas hingga jarum tachometer menunjuk angka 6.000 rpm kemudian transmisi berpindah otomatis. Kami merasakan transmisi mobil ini terasa lebih halus dan responsif di rpm tinggi.

    Dibandingkan transmisi Xpander generasi sebelumnya, transmisi Xpander baru terasa lebih halus. Wajar saja transmisi Xpander baru sudah memakai sistem CVT, bukan lagi pakai sistem AT.

    Saking halusnya, perpindahan gigi pada transmisi CVT Xpander baru ini terasa seperti perpindahan gigi layaknya percepatan 8-AT, sehingga fun to drive bagi yang mengemudikannya.

    BACA JUGA: GIIAS 2021: Daihatsu Rocky Neo Retro Jadi Mobil Petualang

    2. Handling

    Sirkuit PT Bridgestone Tire menyediakan trek putaran berdiameter 32 meter. Kami pun memacu mobil ini di trek tersebut hingga batas maksimal 40 kpj. Kami merasakan sedikit ada body roll mengingat Xpander adalah mobil MPV dengan atap yang lumayan tinggi.

    Kemudian, Xpander kami bawa bermanuver saat berbelok. Kami merasakan mobil ini cukup stabil. Steering Wheel mobil ini juga terasa nyaman karena bisa dengan cepat ke posisi center setelah melewati tikungan.

    Kami juga ajak zig-zag mobil ini dan terasa steer-nya sangat responsif.

    3. Suspensi

    Selanjutnya, kami menguji kenyamanan suspensi pada Xpander terbaru ini dengan memacu kecepatan hingga 60 kpj saat melewati jalan aspal yang dimodifikasi bergelombang sepanjang 370 meter.

    Kami merasakan suspensi mobil ini masih terbilang nyaman dan minim getaran. Sekedar informasi, Mitsubishi telah melakukan pembaruan pada suspensi Xpander terbaru di mana ukuran diameter suspensinya dibuat sama dengan milik Pajero Sport.

    Namun, kata pihak Mitsubishi, bukan berarti Xpander baru mendapat suspensi yang sama dengan Pajero Sport.

    4. Kekedapan kabin

    Kekedapan kabin pada Xpander terbaru masih menggunakan teknologi Sound Isolation Glass. Bahan kedap suara terdapat di bagian atap, lantai, pintu dan CVT.

    Kami pun mengetes kebisingan mesin dan kebisingan ban di dalam kabin dengan memacunya di jalan aspal rata atau ketika melewati jalan bergelombang. Hasilnya, Xpander punya kekedapan kabin cukup baik.

    5. Visibilitas

    Berada di ruang kokpit Xpander terbaru, visibilitas terasa lebih baik dibandingkan sebelumnya. Pasalnya, Mitsubishi telah melakukan pembaruan pada bagian hidung atau bonet menjadi lebih membusung.

    Posisi mata pengemudi juga bisa lebih mudah untuk mengawasi kondisi jalanan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini