home ×
Technology

Tipe Pengguna Facebook yang Manakah Kamu?

07 July 2017 By
 Tipe Pengguna Facebook yang Manakah Kamu?
Share
Share
Share
Share

Ilmuwan mengklaim telah menemukan empat tipe pengguna Facebook. Mereka mengklaim sebagian besar dari kita masuk dalam salah satu tipe tersebut.

Keempat tipe pengguna Facebook tersebut adalah: Pembangun Hubungan, Penyebar Pesan, Penyuka Selfie dan Windows Shopper.

Ilmuwan mengatakan bahwa bagi pengguna Facebook, mengetahui tipe mereka bisa bermanfaat bagi pengguna, dan meningkatkan kesadaran diri.

Tom Robinson, seorang profesor komunikasi Universitas Brigham Young, mengatakan bahwa tim tersebut melakukan penelitian ini untuk mengetahui mengapa Facebook telah menjadi sangat populer.

Pada hari rata-rata, 1,28 miliar orang memeriksa Facebook, dan secara keseluruhan memiliki lebih dari 2 miliar pengguna.

Menurut satu perkiraan terakhir, rata-rata pengguna Facebook menghabiskan 35 menit sehari untuk berselancar di Facebook.

Untuk penelitian ini, para peneliti menyusun daftar 48 pernyataan yang mengidentifikasi alasan potensial orang menggunakan Facebook.

Seperti dilansir Daily News, berikut adalah tipe pengguna Facebook:

Pembangun Hubungan

Mereka yang termasuk kelompok ini memposting, menanggapi posting orang lain dan menggunakan fitur Facebook tambahan terutama dalam upaya untuk memperkuat hubungan yang ada di luar dunia maya mereka.

"Mereka menggunakannya sebagai perpanjangan dari kehidupan nyata mereka, dengan keluarga dan teman kehidupan nyata mereka," kata Robinson.

Orang-orang dalam kelompok ini sangat yakin dengan pernyataan seperti, "Facebook membantu saya untuk mengungkapkan cinta kepada keluarga saya dan membiarkan keluarga saya mengungkapkan cinta kepada saya."

Penyebar Pesan

Para Penyebar Pesan, di sisi lain, mengalami kesenjangan yang jauh lebih besar antara dunia nyata dan maya mereka.

Kalau kamu termasuk tipe ini kamu tidak terlalu peduli dengan berbagi foto, cerita atau informasi lainnya tentang dirimu, kamu malah ingin memberi tahu semua orang tentang apa yang sedang terjadi.

"Mereka menyebarkan informasi," ujar Robinson.

Tipe ini memposting ulang berita, mengumumkan acara, namun mungkin mengabaikan halaman profil mereka, lebih memilih untuk memperbarui keluarga dan teman melalui cara alternatif.

Penyuka Selfie

Kelompok ini menggunakan Facebook untuk mempromosikan diri. Seperti Pembangun Hubungan, mereka memposting gambar, video dan update status. Namun mereka fokus untuk mendapatkan perhatian, suka dan berkomentar.

Peserta studi dalam kategori ini sangat teridentifikasi dengan pernyataan "Semakin banyak notifikasi likes' yang saya terima, semakin saya merasa diterima atau diakui oleh rekan-rekan saya."

Penyuka Selfie, kata rekan penulis Kris Boyle, menggunakan Facebook untuk menyajikan citra diri mereka sendiri, apakah itu akurat atau tidak.

Window Shopper

Seperti Penyebar Pesan, mereka merasakan adanya kewajiban sosial untuk berada di Facebook tapi jarang memposting informasi pribadi.

Tidak seperti Penghuni Kota, pengguna ini ingin melihat apa yang sedang dilakukan orang lain.

"Ini adalah media sosial yang setara dengan orang-orang yang menonton."

Window Shoppers diidentifikasi dengan pernyataan seperti,"Saya dapat dengan leluasa melihat profil Facebook seseorang yang saya sukai dan mengetahui kepentingan dan status hubungan mereka."

Nah, termasuk yang manakah kamu dari 4 tipe pengguna Facebook tersebut?

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article