icon-category Music

Tur Coldplay Raih Predikat Konser Terlaris Sepanjang Masa

  • 31 Jul 2017 WIB
  • Bagikan :

    Rangkaian tur konser musik Coldplay bertajuk A Head Full of Dreams yang berlangsung sejak 2016 membawa band asal Inggris tersebut merangsek naik ke posisi lima tur dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

    Sebelumnya, posisi itu ditempati penyanyi Madonna dengan Sticky & Sweet Tour yang berlangsung pada 2008.

    Seperti dikutip dari laman Billboard, menurut data Billboard Boxscore, tur Coldplay untuk mempromosikan album ke-tujuh mereka itu telah mendapatkan pendapatan hingga US$412 juta atau Rp5,4 triliun.

    Penghasilan Coldplay menggeser posisi konser Sticky & Sweet Tour dari Madonna pada 2008 yang mendapatkan pemasukan US$408 juta atau Rp3,7 triliun (1 US$ = Rp9.145).

    Berkat konser itu, Madonna sempat bertengger di posisi lima di deretan konser terlaris sepanjang masa, sebelum terganti oleh Coldplay.

    Untuk posisi pertama di deretan tur terlaris sepanjang masa masih ditempati oleh band Inggris U2 dengan U2 360 Tour yang dilangsungkan pada 2009 hingga 2011. Konser itu mampu mengumpulkan pendapatan hingga US$736,4 juta.

    A Head Full of Dreams Tour dimulai sejak Maret 2016 di Estadio Ciudad de La Plata, Argentina. Dan rencananya akan berakhir pada 15 November mendatang.

    Hingga kini, tur Coldplay itu sudah tampil di 123 lokasi di seluruh dunia. Terakhir kali, tur itu berhenti di Paris pada 18 Juli dan kini band Inggris tersebut tengah rehat sejenak sebelum memulai babak baru di Amerika Serikat pada 1 Agustus mendatang.

    A Head Full of Dreams Tour akan berakhir di tempat yang sama saat mulai, Estadio Ciudad de La Plata, Argentina.

    Dari total pendapatan hingga US$408 juta, Coldplay mendapatkan uang terbanyak dari Eropa dengan US$104,9 juta.

    Saat memulai tur di Eropa, konser yang dilangsungkan di Paris selama tiga hari pada 15 hingga 18 Juli lalu menjadi acara dengan pendapatan tertinggi, US$19,8 juta, dan dihadiri masing-masing hari sekitar 235 ribu penonton.

    Di Asia sendiri, Coldplay bertandang ke tujuh negara yang dimulai dari Uni Emirat Arab, berlanjut ke Singapura, Filipina, Thailand, Taiwan, Korea Selatan, dan berakhir di Jepang.

    Dalam babak Asia yang dimulai pada 31 Desember 2016, Coldplay mendapatkan pendapatan tertinggi selama pertunjukan dua hari di Singapura yang dihadiri masing-masing hari sekitar 102 ribu penonton dan mendulang US$12,5 juta.

    Tempat ke-dua Coldplay mendulang uang di Asia adalah di Seoul, Korea Selatan, dengan dua hari konser dan dihadiri 99 ribu orang per hari. Total, di Negeri Gingseng, Coldplay membawa pulang US$10,1 juta.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : Coldplay Laris Tur 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini