Imsakiyah Ramadan 1439H

Wanita Stres saat Hamil Bisa Menyebabkan Anak Menjadi Kidal

12 January 2018 by
 Wanita Stres saat Hamil Bisa Menyebabkan Anak Menjadi Kidal

Stres bisa dialami oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Wanita yang mengalami stres ketika hamil cenderung akan melahirkan anak yang kidal.

Sebuah Penelitian di Swedia juga mengungkapkan hasil bahwa wanita yang mengalami depresi atau stres selama kehamilan cenderung memiliki anak kidal.

Kidal adalah suatu kebiasaan kita yang selalu (lebih sering) menggunakan tangan kiri & kaki kiri (untuk melakukan pekerjaan, kayak nulis, makan, menyisir, nendang bola, atau pegang sesuatu). Kenapa biasa terjadi kidal dan apa kidal itu cacat? Perilaku yang akrab dikenal dengan kidal ini, sebenarnya bukanlah suatu kecacatan melainkan pengaruh dari dominasi fungsi salah satu otak.

kidal, kecenderungan untuk menggunakan anggota tubuh sebelah kiri ketimbang yang kanan, bukanlah suatu kecacatan. Ia tidak lebih dari dominasi fungsi belahan otak yang berbeda dari kebanyakan orang. Dalam hal ini perlu dibedakan antara kidal sebagai bawaan dengan yang disebabkan oleh penyakit pada otak (misalnya ensefalitas).

Di dalam kepala kita, otak mempunyai dua bagian, yaitu otak bagian kiri dan otak bagian kanan. Otak bagian kiri bertugas mengatur pergerakan dominan bagian dari kanan tubuh, sedangkan otak bagian kanan bertugas mengatur pergerakan dominan bagian dari kiri tubuh. Jadi jika si kecil lebih sering menggunakan tangan kirinya, itu berarti ia lebih didominasi oleh otak bagian kanan.

Sebenarnya tidak ada masalah antara dominasi otak kiri atau otak kanan, karena keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Orang yang didominasi oleh otak bagian kiri (memakai tangan kanan), memiliki kemampuan berhitung, nalar sistematik yang lebih bagus dan bersifat lebih rapi. Sedangkan orang yang didominasi oleh otak bagian kanan (memakai tangan kiri), memiliki kemampuan abstrak yang lebih bagus, memiliki jiwa seni dan ekspresi perasaan yang lebih bebas.

Baca Juga: Tips dan Trik Untuk Kembangkan Sikap Positif pada AnakOrangtua Selingkuh, Anak yang Akan Kena Imbasnya

Namun ada juga orang yang berhasil tidak hanya dalam satu bidang, artinya ia telah mampu untuk mengasah kedua bagian otaknya secara seimbang. Kebanyakan manusia memproses bahasa di otak kiri mereka, bagian yang mengontrol gerakan anggota badan di sisi kanan.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
0 Comments in this article

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top