icon-category Auto

1,8 Juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta di Libur Nataru

  • 01 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Satlantas Jaksel melaksanakan pengamanan Objek Wisata di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada Sabtu (1//1/2022) (Foto: Polda Metro Jaya)

    Uzone.id - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk bepergian ke luar kota meskipun pemerintah mengimbau untuk tetap di rumah karena penyebaran Covid-19 varian Omicron dikhawatirkan makin meluas.  

    Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus mengatakan bahwa lebih dari 1,8 juta kendaraan telah meninggalkan Jakarta.

    Karena itu, petugas melakukan langkah pengamanan dan pengecekan, telah dilakukan di beberapa titik, seperti di bandara, stasiun, dan pelabuhan.

    Sebelumnya, kata Yusri, langkah-langkah antisipasi masih perlu dilakukan meskipun Operasi Lilin memasuki hari ketujuh. Apalagi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru yang diperkirakan terjadi pada 1-2 Januari 2022.

    BACA JUGA: 4 Produk Samsung yang Bakal Ramaikan Tahun 2022

    "Kesiapan menghadapi arus balik yang rencananya tanggal 1 dan 2 puncak arus balik, kita harus antisipasi, kita berkolaborasi sinergitas antara TNI-Polri kemudian Dishub, kita siapkan pengamanan," kata Yusri melalui pernyataan tertulis, Sabtu (1/1/2022).

    Yusri mengatakan, Polri beserta instansi terkait juga fokus mengurangi mobilitas dan euforia masyarakat guna mencegah terjadinya ledakan gelombang ketiga kasus Covid-19.

    "Kita sudah sosialisasikan ke masyarakat, bahwa memang Covid-19 sekarang ini rawan. Bagaimana untuk memutus mata rantai, bagaimana kita patuh terhadap prokes," kata dia.

    BACA JUGA: Jalur Puncak Bogor dan Jembatan Suramadu Ditutup

    Crowd Free Night

    Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, penerapan crowd free night (CFN) di 11 kawasan Jakarta pada malam Tahun Baru berjalan dengan lancar.

    “Alhamdulillah malam ini situasi ibu kota secara umum terkendali dan aman di 11 titik CFN berjalan baik,” kata Kapolda Metro Jaya di Bundaran HI, Sabtu (1/1/2022) dini hari.

    Mulai hari Jumat (31/12/2021) pukul 22.00 WIB, petugas menutup 11 kawasan dengan sistem CFN.  Penutupan itu berlaku hingga 1 Januari pukul 04.00 WIB.

    Berikut 11 kawasan di wilayah DKI Jakarta yang ditutup:

    1. Kawasan Sudirman-Thamrin
    2. Kawasan Kemang
    3. Kawasan Bulungan-Barito
    4. Kawasan Senopati-Gunawarman-SCBD
    5. Kawasan Jalan Asia-Afrika
    6. Kawasan Kota Tua Jakarta
    7. Kawasan Banjir Kanal Timur (BKT)
    8. Kawasan Kemayoran
    9. Kawasan Kelapa Gading
    10. Kawasan Monumen Nasional (Monas)
    11. Kawasan Danau Sunter

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini