icon-category Film

10 Film yang Berakhir dengan Kemenangan Penjahat

  • 01 Mar 2018 WIB
  • Bagikan :

    Tidak hanya di dunia nyata, film pun dapat dimenangkan oleh tokoh penjahatnya. Beberapa film memang diniatkan untuk mendobrak alur klasik: di mana jagoan kalah dulu, baru menang.

    Film yang jagoannya kalah memang sedikit menyesakkan, tapi juga sekaligus menghadirkan ‘twist’ yang tidak pernah diduga sebelumnya. Bahkan, ketika kamu mengira bahwa penjahat telah berhasil dikalahkan, kamu salah besar.

    Nah, berikut 10 film yang berakhir dengan kemenangan penjahat.

    (ATTENTION: Artikel ini mungkin mengadung spoiler).

    1. Batman: The Dark Knight (2008)

    Film kedua dari Trilogi Batman karya Christopher Nolan ini menampilkan Joker (Heath Ledger) sebagai antagonis utama bagi Batman (Christian Bale). Kamu mungkin mengira Joker berhasil dikalahkan oleh Batman, tapi sebenarnya Batman-lah yang kalah total dalam permainan Joker.

    Satu, Joker berhasil mengelabui Batman sehingga membuat kekasih Batman, Rachel (Maggie Gyllenhaal) terbunuh. Kedua, Joker berhasil membuat Harvey Dent (Aaron Eckhart), sang Kesatria Putih Gotham, menjadi Two-Face yang jahat. Ketiga, Joker berhasil membuat Batman membunuh seseorang, yaitu Two-Face (meski tidak secara sengaja).

    Di akhir film, Batman pun menjadi diburu oleh kepolisian. Kepahlawanan Batman baru kembali di seri terakhir, The Dark Knight Rises (2012).

    2. No Country for Old Men (2007)

    Film pemenang Oscar 2008 karya Coen Bersaudara, Ethan dan Joel Coen, merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Cormac McCarthy. Film ini menampilkan pertarungan antara seorang pembunuh bayaran misterius bernama Anton Chirugh (Javier Bardem) dan seorang pria yang menjarah uang ribuan Dolar, Llewelyn Moss (Josh Brolin).

    Chief Polisi Ed Tom Bell (Tommy Lee Jones) berada di tengah kekacauan keduanya. Llewelyn pun pada akhirnya tewas. Istrinya, Carla Jean Moss (Kelly MacDonald) pun diinpretasikan dibunuh oleh Anton. Sang chief polisi tidak mampu bertindak apa-apa dan Anton Chirugh, sang pembunuh bayaran legendaris, masih tetap hidup dalam akhir film.

    3. The Usual Suspects (1995)

    Verbal Kint (Kevin Spacey) menjadi satu-satunya orang yang hidup dalam peristiwa pembunuhan massal di sebuah kapal. Keempat temannya McManus (Stephen Baldwin), Keaton (Gabriel Byrne), Fenster (Benicio Del Toro), dan Hockney (Kevin Pollak) mati dalam peristiwa tersebut.

    Untuk mengetahui apa yang terjadi, Verbal Kint diinterogasi oleh agen Dave Kujan (Chazz Palminteri). Dalam interogasi itu, diketahui bahwa peristiwa yang merenggut nyawa semua teman Kint itu kemungkinan dilakukan oleh Keyser Soze, seorang penjahat misterius yang dianggap hanya mitos. Nah, twist-nya film debut Bryan Singer ini: Verbal Kint adalah Keyser Soze!

    Kint alias Soze itu pun berhasil lolos karena Agen Dave Kujan telat menyadarinya.

    4. Identity (2003)

    10 orang terjebak dalam sebuah motel. Namun, satu per satu dari mereka tewas. Premisnya klasik, kan? Namun, yang menjadi misteri dalam film ini adalah kesepuluh orang tersebut memiliki tanggal lahir yang sama dan berasal dari daerah yang sama!

    Bagaimana mungkin? Ternyata, 10 orang yang terjebak dalam motel tersebut tidak benar-benar nyata. Mereka adalah wujud kepribadian lain dari seseorang yang mengidap penyakit kepribadian ganda, Malcolm Rivers (Pruitt Taylor Vince). Salah satu dari 10 kepribadian tersebut adalah kepribadian pembunuh.

    Di akhir film, ketika kita berpikir bahwa kepribadian pembunuh berhasil dieliminasi, ternyata kita salah. Kepribadian pembunuhnya ternyata masih hidup dan membunuh kepribadian baik yang terakhir. So, hanya kepribadian pembunuh yang tersisa dalam tubuh Malcolm.

    5. Star Wars V: The Empire Strikes Back (1980)

    Dari judulnya saja sudah jelas. Kejahatan atau sisi gelap yang sebelumnya kalah dalam Star Wars IV: A New Hope kali ini membalas dendam, menyerang balik, dan menang.

    Dalam film ini, Han Solo (Harisson Ford) berhasil dibekukan. Pertempuran antara Anakin Skywalker alias Darth Vader (David Prowse) dan sang Jedi, Luke Skywalker pun berjalan tidak seimbang. Di akhir pertempuran, Luke harus kehilangan tangannya. Belum lagi, dia harus menerima kenyataan pahit bahwa Darth Vader adalah ayahnya!

    6. The Skeleton Key (2005)

    Caroline Ellis (Kate Hudson), seorang perawat cantik, dipekerjakan di sebuah rumah yang diliputi misteri. Dia harus merawat suami Violet Devereaux (Gena Rowlands), Ben Devereaux (John Hurt) yang lumpuh.

    Ellis menyadari ada yang tidak beres. Dia terjebak dalam permainan Voodo yang dilakukan Violet. Segala cara sudah dilakukan, namun justru membuatnya semakin terjebak. Ellis pun kalah dan kegelapan menang.

    Tubuh Ellis ternyata digunakan Violet untuk pertukaran. Roh Violet kini berada di tubuh Ellis yang cantik, sementara Ellis harus pasrah berada di tubuh Violet. Parahnya lagi, suami Ellis (Peter Sasgaard) pun juga harus bertukar tubuh dengan suami Violet.

    7. Se7en (1995)

    Film karya David Fincher ini punya plot yang sangat menarik. Detektif Mills (Brad Pitt) dan Detektif Somerset (Morgan Freeman) harus menghadapi pembunuh genius yang melakukan 5 pembunuhan secara beruntun dalam 5 hari. Satu pembunuhan mewakili satu dosa dari 7 dosa mematikan dalam Alkitab.

    Ketika Mills dan Somerset memikirkan dua korban terakhir, sang pembunuh, John Doe (Kevin Spacey) menyerahkan diri. Dia akan memberi tahu di mana korban ke-6 dan ke-7. Namun, di sinilah twist-nya. Ternyata sebelumnya, John Doe telah membunuh istri Mills dan memenggal kepalanya. Dia sengaja memancing kemarahan Detektif Mills dan membuat Mills membunuhnya.

    Apakah si penjahat kalah hanya karena dia mati? Tidak, John Doe justru menang karena berhasil mewujudkan mahakaryanya, 7 pembunuhan dalam 7 hari, dengan korban terakhirnya adalah John Doe sendiri yang mewakili sifat envy (iri hati).

    8. The Silence of the Lambs (1991)

    Seorang agen muda FBI, Clarice Sterling (Jodie Foster) harus mengungkap kasus pembunuhan berantai oleh seseorang yang dijuluki Buffalo Bill (Ted Levine). Atas perintah atasannya, dia harus berkonsultasi dengan Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), sang kanibal, di penjara untuk menangkap Buffalo Bill.

    Namun, ketika Clarice berhasil membunuh Si Buffalo Bill, Hannibal Lecter berhasil melarikan diri dari penjara dengan sebuah rencana yang brilian. Ya, penjahat sesungguhnya dalam film ini adalah si kanibal tersebut. Dalam prekuelnya, Red Dragon (2002), dijelaskan bagaimana Hannibal bisa tertangkap dan dipenjara sebelumnya.

    Film yang diadaptasi dari novel karya Thomas Harris ini memenangkan 11 kategori Piala Oscar, loh. Salah satu film thriller terbaik sepanjang masa.

    9. Arlington Road (1999)

    Film ini mengisahkan tentang seorang anggota polisi, Michael Faraday (Jeff Bridges) yang mencurigai tetangganya, Oliver Lang (Tim Robbins) dan Cheryl Lang (Joan Cusack) sebagai teroris. Kecurigaan tersebut ternyata benar.

    Ketika Faraday berusaha menggagalkan rencana kelompok teroris yang akan mengebom gedung kepolisian, ternyata malah masuk ke dalam jebakan. Bom tersebut ternyata ditaruh di bagasi mobil Faraday sendiri. Akhirnya, bom meledak, menewaskan Faraday, dan meruntuhkan gedung.

    Parahnya lagi, Faraday ditetapkan sebagai pelaku pengeboman dengan motif balas dendam atas kematian istrinya yang meninggal dalam bertugas.

    10. Saw 1-7 (2004-2010)

    Film Saw dari yang pertama hingga yang ketujuh, selalu berakhir dengan kematian polisi dan kemenangan Jigsaw serta semua anak buahnya. Meski Jigsaw mati dalam seri ketiga, namun ternyata Saw memiliki alur dan konflik yang lebih rumit dalam yang dibayangkan.

    Dalam seri pertama, ketika Adam (Leigh Whannell) dan Dr. Lawrence Gordon (Cary Elwes) terjebak dalam permainan di kamar mandi, mereka mengira berhasil membunuh Jigsaw. Namun, Jigsaw yang sesungguhnya ternyata ikut dalam permainan dan ada di depan mata mereka sepanjang permainan!

    Sepanjang permainan, Jigsaw yang sesungguhnya (Tobin Bell), ternyata hanya tidur dan berpura-pura mati di antara mereka. Sungguh twist yang mengejutkan!

    Masih banyak lagi sebenarnya, di antaranya Primal Fear (1996), Fallen (1998), Chinatown (1974), dan lain-lain.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : Film Penjahat 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini