home ×
Gadget

10 Fitur MIUI 12 yang Wajib Diketahui oleh Pengguna Xiaomi!

17 March 2021 By
10 Fitur MIUI 12 yang Wajib Diketahui oleh Pengguna Xiaomi!
Share
Share
Share
Share

Foto:XDADevelopers

Uzone.id – Xiaomi dikenal sebagai salah satu produsen ponsel paling terkenal dan produknya sepadan dengan harganya telah membuat terobosan besar di beberapa pasar di seluruh dunia.

Tetapi fakta yang jarang diketahui tentang perusahaan China ini adalah bahwa produk pertamanya bukanlah smartphone, tetapi MIUI: perangkat lunak yang berjalan di sebagian besar ponsel mereka saat ini.

Banyak yang telah berubah dan MIUI bukan lagi ROM khusus yang dikembangkan untuk Google Nexus One. MIUI 12 sudah memiliki banyak fitur serta upgrade.

Jika Anda memiliki perangkat dengan MIUI 12 atau hanya ingin tahu tentang apa yang ditawarkan perangkat lunak tersebut, berikut adalah 10 fitur yang wajib diketahui oleh pengguna Xiaomi dan Redmi.

1. Kirim Gambar Tanpa Harus Membocorkan Metadata

Gallery > ⋮ (tiga titik) > Settings > Secure sharing

Banyak informasi yang dapat bocor melalui gambar yang kita bagikan di media sosial, dan belum lagi maraknya penyadapan atau pencurian data penting.

MIUI 12 memiliki fitur yang dapat anda gunakan agar foto yang anda bagikan tidak menyertakan lokasi serta metadata.

2. Sound Assistant

Settings > Sound & vibration > Sound assistant

Android tidak memiliki fitur penyesuaian volume otomatis berdasarkan aplikasi yang anda gunakan. MIUI memiliki fitur ini.

Sebagai contoh, anda dapat mengurangi volume media di Facebook ketika anda sedang memainkan musik dari Spotify pada saat yang sama.

3. Second Space

Settings > Special features > Second Space

Mungkin ponsel anda terasa penuh akibat aplikasi penunjang pekerjaan yang banyak. Dengan Second Space, anda diberi sebuah area terpisah – benar benar ruang kedua – bebas dari aplikasi yang berkaitan dari pekerjaan.

Anda juga dapat mengatur kata sandi yang berbeda bagi tiap “space”.

4. Integrasi dengan Google Home

Settings > Notifications & Control center > Smart home

Anda dapat mengakses Google Home melalui pusat pengaturan anda (notifikasi). Akses cepat ini akan mempermudah anda menavigasi berbagai peralatan pintar rumah anda.

5. Alat Blur untuk Gambar

Fitur ini terkesan sepele walau sebenarnya sangat berguna. Anda mungkin tiap harinya mengambil banyak foto dan screenshot, dan tidak semua informasi yang tertangkap layar layak untuk dibagikan.

Fitur blur ini dapat diakses ketika anda meng­-screenshot. Anda dapat memilih motif blur serta ukurannya.

6. Game turbo

Settings > Special features > Game Turbo

Bagi kebanyakan orang, ponsel hanyalah satu-satunya media gaming yang dimiliki. Game Turbo milik MIUI dapat meningkatkan pengalaman gaming karena menyediakan pengubah suara, perekam layar, serta akses ke browser.

7. Mode Membaca

Settings > Display > Reading Mode

Anda mungkin banyak membaca tulisan dari ponsel anda, mulai dari cuitan harian di Twitter hingga artikel panjang di internet.

Mode membaca dari MIUI akan mengurangi blue light dengan menampilkan warna yang lebih hangat dan menambahkan tekstur seperti kertas pada tampilan layar, layaknya membaca buku langsung.

8. Dual Apps

Settings > Apps > Dual apps

Anda dapat membuat salinan dari sebuah aplikasi, contohnya WhatsApp yang tidak mendukung penggunaan banyak akun. Duplikasi aplikasi ini sandboxed, jadi tidak akan mengganggu kerja aplikasi originalnya.

9. Video Toolbox

Settings > Special features > Video toolbox

Saat anda menggunakan aplikasi seperti Youtube, anda dapat memanfaatkan Toolbox untuk mengatur video dan output video. Toolbox juga memperbolehkan anda memutar suara dari aplikasi terkait walau layar anda sedang mati (meniru fitur Youtube Premium).

10. Floating Windows

Settings > Special features > Floating windows

Anda dapat dengan cepat membuka aplikasi di “jendela” mengambang dengan menekan banner notifikasi dan swiping ke arah bawah. Jendela aplikasi ini dapat dikecilkan, dilebarkan, serta ditutup dengan gestur yang sederhana.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article