icon-category Gadget

10 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Note20 Ultra

  • 10 Aug 2020 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Salah satu smartphone yang disebut-sebut sebagai yang terkuat, Samsung Galaxy Note20 Ultra sudah resmi diluncurkan.

Sejumlah peningkatan dan penyempurnaan pun dilakukan Samsung pada Galaxy Note20 Ultra ini, mulai dari desain, ukuran layar, kamera, baterai, dan yang sudah menjadi ciri khas dari keluarga Note, yakni S Pen.

Sebelum kalian memutuskan untuk membelinya, ada baiknya baca artikel ini sampai selesai karena kami akan menunjukkan 10 fitur unggulan yang ada di Galaxy Note20 Ultra.

1. Prosesor Exynos 990

Samsung Galaxy Note20 Ultra telah melakukan lompatan besar melalui Exynos 990 dengan fabrikasi 7 nm yang meningkatkan performa CPU sampai 19% dan GPU meningkat 13% ketimbang pendahulunya. Prosesor ini juga makin membuat efisiensi baterai meningkat.

Peran kecerdasan buatan di prosesor ini semakin meningkat dan bisa mengoptimalkan banyak fitur, salah satunya baterai dan kamera.

2. RAM LPDDR5

Kalau sebelumnya Galaxy Note10+ membenamkan RAM LPDDR4x, Samsung kini membenamkan RAM LPDDR5 yang merupakan generasi terbaru.

RAM jenis ini punya kecepatan hingga 6.400 Mbps, 1.5x lebih cepat, transfer data mencapai 51,2 Gbps, dan penggunaan daya 30% lebih irit.

Sehingga, pengalaman multitasking dengan Galaxy Note20 series dengan RAM 8GB lebih cepat dan mulus.

3. Layar Dynamic AMOLED 2X

alt-img

Layar jadi salah satu bagian yang paling nikmat kala menggunakan Galaxy Note series, apalagi generasi Galaxy Note20 Ultra ini.

Dengan ukuran 6,9 inch, tidak sekedar lebih besar ukuran layarnya dengan screen to body mencapai 92,5% dan sudah mengusung teknologi layar Dynamic AMOLED 2X.

Layar AMOLED mencakup sertifikasi HDR10 Plus dan punya lantensi yang jauh lebih baik, sehingga sensitivitas sentuhan pada layar diklaim dua kali lebih responsif.

Resolusinya 1440 x 3088 pixel alias WQHD+ dan mampu menghadirkan tingkat kecerahan sampai 1500 nits, sehingga menghasilkan kualitas warna yang nyata dan memudahkan mata untuk melihat layar bahkan ketika di bawah sinar matahari.

4. Corning Gorilla Glass Victus

Samsung melindungi layar Galaxy Note20 Ultra dengan mengandalkan Gorilla Glass Victus, baik pada layar di depan dan bagian bodi belakangnya.

Gorilla Glass Victus akan menjadi perlindungan layar yang paling kuat yang pernah dimiliki oleh seri Gorilla Glass.

Dan Glaxy Note20 series menjadi smartphone pertama yang menggunakan pelindung jenis ini. Victus disebut dua kali lebih tahan terhadap goresan dibanding Gorilla Glass 6 terdahulu.

Selain itu empat kali lebih tangguh dibanding kaca berbahan aluminosilicate lain. Lapisan pelindung layar ini dirancang untuk menahan benturan kalau smartphone terjatuh dari ketinggian 2 meter ke permukaan tidak rata.

5. Adaptive Refresh Rate 120Hz

Layar Samsung Galaxy Note20 Ultra pun kini mengusung refresh rate 120Hz, sehingga transisi yang terjadi di layar bakal terasa mulus dan ramah di mata.

Namun canggihnya, kalau biasanya refresh rate besar di layar smartphone itu bikin boros baterai, Samsung mengakalinya dengan teknologi adaptif yang bisa menawarkan refresh rate sesuai dengan kebutuhan.

Jadi ketika sekedar membaca teks misalnya, refresh rate-nya hanya 11Hz, kemudian saat nonton film bisa meningkat sampai 24Hz dan ketika kalian harus bermain game, maka refresh rate-nya dimaksimalkan dari 48Hz sampai 120Hz, sehingga lebih hemat baterai.

6. S Pen lebih cerdas

alt-img

S Pen sudah menjadi ciri khas dari generasi Galaxy Note. Dan dari generasi ke generasi, teknologi dan fungsinya terus ditingkatkan, sampai pada yang terbaru di Galaxy Note20 ini.

Pertama, Samsung sudah mengurangi angka latensinya menjadi 9 ms, dari generasi S Pen sebelumnya yang mencapai 42 ms. Hasilnya, menulis di layar menggunakan S Pen jadi terasa semakin nyata seperti pulpen atau pensil sungguhan.

S Pen dilengkapi sensor gyroscope yang mendukung gestur berbasis gerakan tangan bernama Air Action, dan kini S Pen juga mendukung sejumlah perintah dasar seperti navigasi ke home, kembali (back), membuka Recent App, membuat Screen Capture dan membuka Smart Select.

S Pen terbaru ini juga memiliki jangkauan hingga 10 meter dengan diameter ujung pena 0,7 mm dan sertifikasi IP68 dan S Pen telah terintegrasi dengan Microsoft OneNote dan Outlook.

Terakhir, S Pen juga dapat disinkronisasi pada perangkat komputer seperti laptop dan PC guna memudahkan proses presentasi, serta bisa menggunakan opsi perekam suara saat akan membuat catatan.

7. Wifi 6 Optimizer

Wi-Fi Generasi 6 hadir membawa beragam peningkatan performa dengan kode baru, 802.11ax. Sederhananya, kecepatan Wifi jadi meningkat baik itu download maupun upload.

Untuk download misalnya, kecepatannya naik sampai ambang atas 9,6 Gbps atau meningkat 40 persen dari generasi sebelumnya.

Selain itu, Wi-Fi 6 mampu mendukung sistem keamanan WPA3 dan menaikkan frekuensi pada kanal 160 MHz, maka Wi-Fi 6 akan memiliki 1024 Quadrature Amplitude Modulation (1024 QAM) sehingga mampu meningkatkan jarak jangkau Wi-Fi 6.

Juga yang gak kalah penting, perangkat yang sudah mendukung Wi-Fi 6 punya efisiensi baterai yang lebih tinggi saat menggunakan Wifi.

8. Kamera

alt-img

Galaxy Note20 Ultra memiliki spesifikasi kamera yang makin gahar. Modul kamera belakang ada kamera Wide-angle 108 MP (f/1.8), kamera Telephoto 12 MP (5x optical zoom, f/3.0), dan kamera Ultra Wide 12 MP (f/2.2).

Kamera Telephoto 12 MP memiliki kemampuan 5x optical zoom dan Super Resolution Zoom hingga 50x.

Kamera ini juga mendukung perekaman video dengan format 8K di frame rate 24 dan juga tersedia di mode pro, yang artinya pengguna bisa sekaligus mengatur Optical Image Stabilizer (OIS) serta aspek rasio layar.

Dan agar lebih menguatkan kesan cinematic, bisa memanfaatkan rasio aspek 21:9, atau bisa juga 16:9.

Selain itu, ada fitur baru Laser Auto Focus System di Galaxy Note 20 Ultra. Fitur ini memungkinkan kamera mengenali objek dan mengunci fokus lebih cepat dan presisi.

Modul Laser Auto Focus System akan menembakkan sinar inframerah pada objek yang dibidik dan Laser Auto Focus System juga diklaim bisa membantu kamera mempercepat fokus ketika memotret dalam kondisi minim cahaya

9. Samsung DeX Tanpa Kabel

Dari tahun ke tahun, kemudahan Samsung DeX makin meningkat. Setelah awalnya butuh konektor khusus, kemudian meningkat hanya butuh kabel data dan pada Galaxy Note20, tidak lagi memerlukan koneksi kabel untuk menggunakan seluruh fitur DeX.

Cukup hubungkan ke Smart TV melalui Wi-Fi dan proyeksikan konten untuk mendapatkan tampilan yang lebih jelas di layar dan kita tetap dapat mengoperasikan smartphone.

10. Baterai lebih besar, pengisian lebih cepat

Kapasitas baterai Samsung Galaxy Note20 Ultra sudah ditingkatkan mencapai 4.500 mAh. Selain itu, Samsung juga sudah membenamkan kecerdasan buatan agar daya baterai bisa lebih hemat.

Begitu juga dengan teknologi pengisiannya, Samsung Galaxy Note20 Ultra didukung fitur fast charging 25W, mendukung pengisian cepat 50% dalam 30 menit.

Ditambah, smartphone ini telah mengusung teknologi fast wireless charging dan reverse wireless charging 9W.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini