home ×
Auto

10 Mobil Khusus Sri Paus yang Suka Berdiri di Mobil

30 November -0001 By
10 Mobil Khusus Sri Paus yang Suka Berdiri di Mobil
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Mungkin karena tuntutan profesi sebagai pemuka agama yang sering bertemu banyak orang, Paus Fransiskus terlihat suka berdiri di mobil-mobil yang ditumpanginya.

Gak heran, kalau dari ekian banyak mobil-mobil yang disediakan khusus untuk dirinya, kebanyakan sudah dimodifikasi khusus agar Paus Fransiskus bisa berdiri di dalam mobil.

Belum lama ini Paus Fransiskus menerima hadiah mobil, sebuah Toyota Mirai bertenaga hidrogen, yang bagian belakangnya sudah dimodifikasi sehingga memungkinkan beliau untuk berdiri.

Terbaru, Fisker bakal memmmberikan hadiah sebauh mobil listrik SUV Fisker Ocean yang juga sudah dimodifikasi khusus agar sang Paus bisa tetap berdiri di dalam mobil.

Kemudian munculan istilah "Popemobile" sebutan untuk kendaraan resmi Paus, dengan atau tanpa atap Plexiglas (kaca transparan) yang dibuat tegas.

Inilah 10 mobil Paus paling penting yang pernah digunakannya dari masa ke masa:

Mercedes 300 SEL Landaulet (1966)

Sesuai namanya, istilah Landaulet merupakan mobil dengan modifikasi khusus dimana bagian belakang biasanya punya atap khusus dan bisa dibuka tutup, sehingga Paus bisa menunjukkan dirinya di tengah kerumuman umat.

Maka seperti itulah Mercedes 300 SEL dengan plat nomor SCV1 (Status Civitatis Vaticanae), nama Latin dari Negara Vatikan.

Mercedes 230 G (1980)

Kemuian di era 1980an, Paus Yohanes II mencetuskan istilah yang populer sampai hari ini, yakni "Popemobile". Mobil ini gak sekedar punya atap terbuka, tapi mengandalkan kubah tertutup khusus agar sang Paus bisa berdiri di dalam mobil.

Mercedes 230 G, dilapisi dengan bahan mutiara, awalnya disediakan bagi Paus untuk kunjungannya ke Jerman pada 1980.

Selain kubah tersebut, ada pencahayaan interior yang menjadikan Sri Paus bisa terlihat dengan jelas meski dengan kondisi pencahayaan yang buruk di sekitaran dan dari kejauhan.

Karena modifikasi khusus tersebut, tinggi mobil ini mencapai 2,80 meter dan dilengkapi transmisi khusus yang memungkinkannya mempertahankan kecepatan konstan 3 km/jam.

Seat Panda (1982)

Selang 2 tahun kemudian, ketika Sri Paus hendak berkunjung ke Spanyol, maka Seat Panda yang jadi Popemobile-nya. Sama dengan mobil-mobil khusus Sri Paus lainnya, Seat Panda ini di modif khusus.

Mobil produksi Spanyol menyematkan struktur role bar sederhana pada bagian belakang. Sehingga Sri Paus bisa tetap berdiri sekaligus berpegangan pada role bar tersebut.

Mercedes Benz S 500 Landaulet (1997)

Pada era ini, Sri Paus kembali mengandalkan Mercedes-Benz. Kali ini seri S Class 500 yang juga sudah berjenis Landaulet. Ada dua unit, satu berwarna putih untuk parade dan satu lagi hitam untuk mobilitas.

Mercy Landaulet S 500 ini bermesin 5,0 liter bertenaga 320 hp ini punya soft top yang dioperasikan secara elektrik dan punya wheelbase yang lebih panjang.

Mercedes Benz G 500 (2007)

Lagi, Sri Paus mempercayakan mobilnya pada Mercedes-Benz. Paus Benediktus XVI juga mengandalkan Mercedes G-Class untuk tampil di tengah keramaian.

Adalah Mercedes G 500 diproduksi pada akhir tahun 2007 menggantikan Fiat Campagnola.

Mercedes Benz ML (2012)

Akhir tahun 2021 Paus Benediktus XVI mendapat Popemobile terbarunya yang juga masih mengusung merek Mercedes-Benz. Kali ini bertipe M-Class.

Kubah tempat dimana biasa Paus berdiri di dalam mobil telah diperbesar secara signifikan, memberikan Paus ruang yang lebih baik dan pintu masuk yang lebih nyaman.

Pandangan Paus juga diperjelas dengan permukaan kaca yang lebih besar dan langit-langit interior yang diterangi.

Renault Kangoo Maxi Z.E. (2012)

Inilah pertama kalinya Sri Paus menggunakan mobil listrik, mengandalkan sebuah van Renault Kangoo ZE pada tahun 2021.

Popemobile listrik berukuran panjang 4,60 meter dan lebar 1,80 meter itu dicat putih dan memiliki lambang Paus pada kedua pintunya.

Kalau biasanya menggunakan kubah, kali ini hanya mengandalkan sunroof besar, dengan dua buah kursi individual di kabinnya yang dirancang khusus untuk kenyamanan Sri Paus.

Dacia Duster (2019)

Menandakan era Paus Fransiskus yang sederhana, pemilihan Popemobile-nya pun sederhana. Mengandalkan Renault Dacia Duster dengan modifikasi khusus pada bagian belakangnya, tanpa kubah yang mewah.

Dacia Duster 4WD ini tetap dimodifikasi khusus untuk Sri Paus, seperti satu kursi di bagian belakang khusus untuk diduduki Sri Paus, juga atap geser besar di bagian belakang dan tempat panel kaca yang dapat dilepas.

Toyota Mirai (2020)

Pada tahun 2020, Sri Paus kembali mendapatkan mobil yang unik dengan sumber penggerak yang berbeda dari sebelumnya. Bukan bensin, bukan juga listrik, tapi hidrogen, melalu Toyota Mirai.

Meskipun Toyota Mirai berjenis liftback, namun gak menghalangi modifikasi khusus agar seperti sebelum-sebelumnya, Paus bisa tetap berdiri di dalam mobil, dengan sebuah kubah khusus.

Fisker Ocean (2021)

Fisker Ocean ini bertenaga listrik dan SUV pun sudah ditambahkan kotak kaca di bagian atap agar bisa difungsikan seperti popemobile lainnya, namun dengan desain yang sudah lebih futuristis.

VIDEO Test Drive Wuling Almaz RS:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id