icon-category Gadget

10 Smartphone untuk Main Genshin Impact, Harga dari Rp3 Jutaan

Uzone.id - Gak sembarangan smartphone bisa digunakan untuk bermain game sekelas Genshin Impact. Namanya juga game AAA atau permainan dengan grafis tinggi, game buatan miHoYo ini membutuhkan ponsel dengan spesifikasi tinggi agar gameplay-nya lancar tanpa gangguan berarti.

Mengutip dari Rock Paper Shotgun, rekomendasi spesifikasi smartphone yang bisa menjalankan Genshin Impact secara lancar menggunakan prosesor Snapdragon 845, Kirin 810, dan seri yang lebih tinggi.

Ponsel pun diharuskan memiliki RAM minimum 4 GB dengan penyimpanan internal tersisa paling sedikit 8 GB. Adapun untuk sistem operasinya, Android 8.1 Oreo ke atas.

Kalau untuk iOS, seri iPhone paling minimum yang bisa main Genshin Impact dengan lancar adalah iPhone 8 Plus ke atas.

Perangkat dengan spesifikasi rekomendasi seperti itu ada banyak, harganya pun bervariasi. Biar kalian gak bingung, berikut pilihan smartphone Android dan iPhone yang bisa lancar untuk main Genshin Impact, dan pastinya dibanderol dengan harga yang murah. Yuk simak daftar lengkapnya!

Baca jufa: Tips Main Genshin Impact untuk Pemula, Cocok buat Free Player

Poco X3 Pro

Poco X3 Pro sempat menggebrak pasar smartphone Indonesia ketika pertama kali dirilis. Gimana enggak, smartphone ini dijual Rp3 jutaan saja dengan prosesor Snapdragon 800 Series, tepatnya Snapdragon 860.

Sekadar informasi, Snapdragon 860 merupakan prosesor high-end dengan clock-speed 2,96 GHz pada prime-core. Prosesor 7nm ini dipasangkan dengan RAM minimal 6 GB serta penyimpanan berjenis UFS 3.1 berkapasitas sampai 256 GB.

Memang dapur pacunya kencang, tapi visualnya lumayan dikorbankan. Layarnya hanya IPS LCD saja berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. 

Kendati masih LCD, kualitasnya lumayan keren, walau tak sebagus Super AMOLED. Sebut saja HDR10, refresh rate 120Hz, hingga lapisan kaca Gorilla Glass 6.

Poco F3

Masih dari Poco, yakni seri Poco F3. Seri lawas juga, tapi masih ada kok yang jual unit barunya di toko online

Harganya saat ini sekitar Rp4 jutaan, tapi kalian mendapatkan ponsel berlayar AMOLED dengan chipset Snapdragon 870 5G. 

Poco F3 masih menjadi salah satu smartphone Poco yang worth it, meski sudah ada penerusnya bernama Poco F4. Ditenagai spesifikasi yang mumpuni, ponsel ini pun bisa kalian gunakan untuk main game berat seperti Genshin Impact.

Poco F3 punya layar berukuran 6,67 inci berjenis AMOLED. Resolusinya Full HD+, sudah dukung refresh rate 120Hz dan HDR10+ pula, main Genshin Impact pasti puas deh!

Baca juga: Tier List Karakter Terbaik di Genshin Impact Versi 3.1

Vivo T1 Pro

Kata siapa smartphone menengah Vivo gak bisa diajak untuk main game berat kayak Genshin Impact? Vivo T1 Pro buktinya. 

Smartphone ini dijual Rp4,1 jutaan di toko online dengan varian terendahnya yang punya RAM 8 GB serta penyimpanan internal 128 GB. Vivo T1 Pro memang gak ditenagai Snapdragon 800 Series, melainkan ‘hanya’ Snapdragon 778G 5G saja yang sudah tergolong mumpuni.

Chipset 6nm ini punya clock-speed tertinggi 2,4 GHz, dipadukan dengan OS Funtouch 12 berbasis Android 12 terbaru plus fitur khusus gaming di dalamnya, game sekelas Genshin Impact semestinya berjalan cukup lancar di Vivo T1 Pro.

Kualitas visualnya juga asyik berkat layar AMOLED 6,44 inci dengan resolusi Full HD+ dan dukungan HDR10+. Sayang, layarnya memang belum mendukung refresh rate tinggi.

iPhone XR

Kalian fanboy Apple? Tenang, ada kok seri iPhone yang harganya murah dan sanggup untuk main Genshin Impact. Salah satunya adalah iPhone XR, yang kini harganya hanya Rp4 jutaan saja di toko online, tentu saja tergantung kondisi.

Ukuran layarnya gak terlalu kecil, tepatnya 6,1 inci yang masih enak buat main Genshin Impact. Dapur pacunya juga masih kuat, yakni Apple A12 Bionic yang dipadukan dengan RAM 3 GB serta penyimpanan internal sampai 256 GB.

Baca juga: Tower of Fantasy vs Genshin Impact, Mana yang Lebih Bagus?

Samsung Galaxy A53 5G

Kalau ada budget lebih dan inginnya ponsel dari Samsung, mungkin seri Galaxy A53 5G bisa dijadikan pilihan buat kalian yang mau main Genshin Impact. Ponsel ini dijual Rp5 jutaan di toko online, tergantung kapasitas RAM dan penyimpanannya.

Smartphone ini sudah membawa layar Super AMOLED berkualitas tinggi khas Samsung. Ukurannya 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ dan didukung refresh rate 120Hz yang smooth juga.

Prosesor yang digunakannya adalah Exynos 1280 yang sudah cukup oke buat main game sekelas Genshin Impact. Belum lagi kapasitas RAM-nya hingga 8 GB dengan memori penyimpanan sampai 256 GB yang melebihi requirement game buatan miHoYo tersebut.

Poco X3 GT

Smartphone dari Poco memang cukup banyak yang murah dan punya spesifikasi lumayan bagus. Poco X3 GT misalnya, dijual Rp4,6 jutaan saja tapi sudah ditenagai prosesor premium MediaTek Dimebsity 1100 5G.

Prosesor ini tergolong kencang, lantaran punya performance-core dengan kecepatan hingga 2,6 GHz. RAM-nya pun sudah 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB berjenis UFS 3.1.

Layar dari Poco X3 GT juga terbilang lumayan oke. Masih IPS LCD memang dengan ukuran 6,6 inci yang terasa ‘medioker’. Tapi, refresh rate-nya sudah 120Hz dengan dukungan HDR10 pula.

MIUI yang digunakannya menyimpan fitur bernama Game Turbo, jadi kalian bisa tweak performa smartphone sesuai kebutuhan untuk main game Genshin Impact.

Baca juga: Mengenal Tiap Elemen Simulacra di Tower of Fantasy

Samsung Galaxy S20 FE

Galaxy S Series juga ada yang murah lho, yakni Samsung Galaxy S20 FE. Harganya sekarang hanya Rp5,8 jutaan saja untuk model 8/128 GB.

Samsung Galaxy S20 FE ditenagai oleh prosesor Snapdragon 865, yang sudah pasti mendukung jaringan 5G. Di bagian layar, smartphone ini punya panel Super AMOLED 6,5 inci dengan resolusi Full HD+, dukungan refresh rate 120Hz dan HDR10+.

Kita tau, sistem One UI berbasis Android terbaru punya fitur bernama Game Booster dan Game Plugins.

Dengan kedua fitur tersebut, performa smartphone bisa difokuskan agar lancar untuk bermain Genshin Impact. Apalagi, Snapdragon 865 saja masih termasuk prosesor ngebut buat sekarang.

Xiaomi 11T

Dengan kepastian masuknya Xiaomi 12T ke Indonesia, harga Xiaomi 11T pun langsung turun. Sekarang, kalian bisa membelinya dengan harga mulai Rp4,8 jutaan saja di toko online.

Xiaomi 11T ditenagai prosesor flagship dari MediaTek, yaitu Dimensity 1200 yang dipadukan dengan RAM 8 GB serta penyimpanan internal 256 GB berjenis UFS 3.1.

Layarnya yang luas juga bikin gamer semakin puas saat bermain game. AMOLED 6,67 inci dengan cakupan warna 10-bit atau 1 miliar warna, bikin mata mudah terpesona. Apalagi, layar tersebut mendukung refresh rate 120Hz dan HDR10+.

Baca juga: 5 Simulacra Terkuat dan Terbaik di Tower of Fantasy

Realme GT Master Edition

‘Si master’ dari Realme, yaitu GT Master Edition. Sekarang harganya pun turun di toko online, mulai Rp4 jutaan saja, kalian sudah bisa mendapatkan ponsel dengan Snapdragon 778G 5G.

Kapasitas RAM-nya sudah 8 GB, ditambah penyimpanan internal mulai dari 128 GB dan 256 GB yang super luas. Belum lagi layar Super AMOLED dari smartphone ini yang punya kualitas jempolan.

Layar tersebut berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ dan sudah 120Hz refresh rate-nya. Main Genshin Impact pastinya bakal mulus, walau tentu saja harus disesuaikan kualitas grafisnya.

iPhone 11 64 GB

Pilihan lainnya adalah iPhone 11 khusus untuk model 64 GB. Sekarang harganya sudah Rp6 jutaan di toko online, tentu tergantung kondisi dari smartphone yang dibeli juga, bisa bekas ataupun baru.

Speknya lebih baik dari iPhone XR, lantaran menggunakan Apple A13 Bionic yang lebih kencang dari A12 Bionic. RAM-nya pun makin luas dengan 4 GB dan dipadukan oleh penyimpanan internal sampai 256 GB.

Ukuran layarnya sih 11-12 dengan iPhone XR, yakni 6,1 inci berjenis Liquid Retina IPS LCD. Meski masih LCD, kualitasnya lebih baik ketimbang panel LCD pada smartphone Android kebanyakan.

Itu dia rekomendasi 10 smartphone untuk main Genshin Impact dengan harga mulai Rp3 jutaan saja. Pilih yang mana, Uzoners?

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini