icon-category Health

10 Tips Agar Tetap Bugar saat di Kantor

Bagikan :

Pekerjaan di kantor kerap menjadi momok karena jika berlebihan, berbagai penyakit bisa muncul di tubuh kita. Hal itu bisa dimaklumi karena di sana, kita dipaksa untuk duduk selama berjam-jam menghadapi komputer dan setumpuk kerjaan dari dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore, bahkan lebih.

Belum lagi jika Anda harus lembur yang otomatis akan menambah jam statis tubuh Anda. Padahal, kita tahu, tubuh harus dinamis bergerak agar metabolisme dan otot terlatih. Tak mau tubuh Anda terjebak dalam jam statis selama di kantor? Berikut 10 saran yang akan membuat Anda tetap bugar selama di kantor.

1. Manfaatkan peregangan

Peregangan memang hal yang harus dilakukan bila sudah terlalu lama di depan komputer. Jangan hanya jari-jari tangan dan leher, regangkan pula punggung Anda yang menopang selama duduk.

Caranya, rentangkan kedua tangan di belakang kepala dan tahan beberapa detik. Dengan kondisi pantat menumpu di tempat duduk, rentangkan kedua kaki Anda ke depan. Rasakan darah Anda mengalir ke kepala dan tubuh Anda.

Latihan peregangan juga dapat dilakukan dengan metode cat cow stretch, yaitu dengan duduk tegak dengan kedua tangan berada di atas lutut, tarik nafas, kemudian lengkungkan punggung ke belakang.

2. Duduk seimbang

Bila kaki bangku yang Anda duduki di kantor memiliki roda, jangan biarkan tubuh Anda menyender dan bergerak seenaknya. Duduklah dengan seimbang, dengan posisi tubuh tegap menghadap layar komputer. Ini akan mencegah tubuh Anda jadi bongkok.

3. Cari bangku yang nyaman.

Posisi menentukan prestasi, bukan? Nah, untuk itu, Anda berhak untuk mendapatkan bangku yang nyaman Anda gunakan bekerja seharian. Carilah dudukan dengan busa yang tebal, dan – kalau bisa – ada penyangga tulang belakang.

4. Atur layar monitor

Pastikan ketinggian layar monitor pas dengan mata agar tidak menyiksa otot leher Anda. Selain itu, atur pula terang dan kontras monitor agar mata Anda tak mudah lelah saat bekerja di depannya.

5. Hias meja Anda

Anda seseorang yang menyukai meja yang rapi? Itu bagus! Tujuan menghias meja Anda adalah untuk menyegarkan pikiran Anda saat mulai terasa penat. Anda dapat menaruh action figure atau foto pasangan yang pasti bakal menyemangati Anda.

6. Segarkan pandangan

Setiap 1 – 2 jam, layangkan pandangan Anda ke obyek yang jauh. Cara ini berguna untuk menyegarkan pandangan Anda sekaligus mengembalikan fleksibilitas otot dan lensa mata setelah lama memandangi komputer. Anda bisa melihat ke luar jendela kantor dan menikmati objek-objek lain seperti gedung pencakar langit serta kendaraan yang lalu lalang.

7. Latihan ringan

Manfaatkan meja dan kursi kantor untuk berlatih fisik ringan. Anda dapat melakukanpush up dengan bertumpu meja kerja yang akan melatih otot tangan, punggung, dan otot inti. Anda juga dapat mengoptimalkan kursi kerja Anda untuk melakukan chair dips, latihan dengan mengangkat dan menurunkan tubuh dengan bertumpu pada kursi.

Latihan ini akan membentuk tubuh bagian atas Anda sekaligus meremas otot trisep tangan Anda. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan squat dengan cara menekuk lutut tanpa mendaratkan pantat di kursi. Lakukan latihan tersebut secara berkala.

8. Latihan kardio di kantor

Lupakan untuk menggunakan lift jika Anda hendak mengunjungi rekan di lantai atas. Manfaatkan tangga. Jika perlu, Anda sedikit berlari saat menaiki atau menuruninya hingga sedikit terengah seiring detak jantung yang meningkat. Cara ini akan melatih sistem kardiovaskuler.

9. Penuhi kebutuhan cairan

Asupan dan pengeluaran cairan tubuh kerap dilupakan, terutama jika kita terlalu sibuk akan suatu pekerjaan. Agar tak lupa, setiap pagi sebelum memulai pekerjaan, siapkan satu water pot di atas meja kerja.

Suhu ruangan ber- AC memang tidak membuat kita mudah haus, tapi kondisi itu justru membuat tubuh kita dehidrasi sehingga harus terus mendapat asupan cairan. Selain itu, kita pun harus secara teratur berkemih. Jangan ditahan karena akan memperberat kerja ginjal.

10. Relaksasi

Ini tak kalah penting. Kebugaran tubuh Anda juga ditentukan oleh ketenangan pikiran Anda. Untuk mendapatkan ketenangan itu, cara yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan relaksasi.

Sambil duduk tegap di kursi Anda, buat tubuh serileks mungkin dan tarik nafas secara teratur. Tarik secara perlahan, tahan di perut, dan keluarkan secara perlahan pula. Agar Anda semakin masuk dalam ketenangan, putar musik chill out dan dengarkan menggunakan peranti headset Anda.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Tips Bugar kantor 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini