icon-category Digilife

11 Juta Akun X Dihapus Selama 2023, Apa Alasannya?

  • 08 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.idMedia sosial X melaporkan kalau mereka berhasil menghapus lebih dari 11 juta akun selama 2023. Angka ini diklaim lebih besar dibandingkan tahun 2022, di saat platfrom X masih bernama Twitter.

Penangguhan ini dilakukan secara permanen oleh X sebagai salah satu komitmen X untuk menghapus akun-akun yang terbukti melakukan pelanggaran eksploitasi pelecehan terhadap anak di bawah umur atau Child Sexual Exploitation (CSE).

Dari laporan yang dibagikan X di laman resminya, dari Januari hingga November tahun ini, X secara permanen telah menangguhkan secara permanen 11 juta akun.

“Di X, kami tidak mentolerir eksploitasi seksual terhadap anak-anak, dan kami bertekad menjadikan X tidak ramah bagi aktor yang ingin mengeksploitasi anak di bawah umur dengan cara apa pun,” tulis perwakilan X, dikutip pada Senin, (08/01).

Angka ini berkali lipat lebih tinggi dibanding tahun 2022, yang pada pada saat itu Twitter hanya menangguhkan 2,3 juta akun saja.

Untuk memperkuat komitmen mereka dalam memerangi akun-akun yang mengeksploitasi anak-anak, X juga bekerja sama dengan organisasi National Center for Missing and Exploited Children (NCMEC).

Platform ini terus mengirimkan informasi terkini secara mendetail terkait penegakan hukum dan mekanisme deteksi di dalam platform. Perusahaan juga membangun pertahanan baru dimana secara proaktif dapat mengurangi kemampuan pengguna untuk menemukan postingan yang berisi jenis konten ini.

Dari keterangan terbaru X, langkah ini telah diterapkan dan mampu mengurangi jumlah penelusuran konten yang termasuk dalam Child Sexual Abuse Material (CSAM) sebanyak 99 persen semenjak Desember 2022.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini