icon-category Travel

11 Tips Packing Simple buat Plesir ke Luar Negeri

  • 22 Feb 2019 WIB
Bagikan :

Tips packing simpel wajib diterapkan di liburan singkat atau short escape. Short escape-mu jadi alternatif kegiatan untuk melepas penat yang kini banyak dilakukan kalangan pekerja berjadwal padat. Biasanya, mereka akan memanfaatkan momen long weekend, atau mengambil cuti sehari setelah akhir pekan.

Tak terbatas di dalam negeri saja, short escape dapat pula kamu lakukan ke luar negeri. Pintar mengatur waktu, bikin itinerary yang tepat, dan tentunya mengatur barang bawaan alias packing yang sesuai kebutuhan. Nggak ada ilmu pasti dalam proses packing. Bisa dibilang packing buat bepergian itu termasuk seni yang bisa kamu latih. Semakin sering melakukannya, semakin lihailah kamu memilah barang bawaan.

11 tips packing simpel buat yang mau traveling ke luar negeri

Buat yang butuh pencerahan tentang tips packing simpel buat liburan singkat ke luar negeri selama 3-5 hari, saran di bawah ini perlu diingat dan dipraktikkan. Barang bawaanmu akan tetap aman dan rapi di dalam koper.

Siapkan dokumen penting terlebih dahulu, masukan ke dalam tas khusus yang gampang diakses

Tips packing simpel
unsplash.com

Sebelum memulai tips packing simpel yang pertama adalah menyiapkan dokumen penting. Kartu identitas seperti KTP, paspor, juga tiket transportasi jangan sampai tertinggal. Ponsel beserta charger-nya juga perlu dimasukkan ke dalam tas kecil khusus supaya tidak terpisah.

Jika kamu mem-booking tiket dan akomodasi secara online, pastikan soft file-nya sudah kamu unduh. Sehingga kamu nggak perlu bingung cari koneksi internet nanti ketika membutuhkannya. Kamu juga nggak perlu repot membongkar koper, karena semua sudah tersimpan rapi di ranselmu.

Letakkan kosmetik di tempat yang mudah dijangkau

Tips packing simpel
unsplash.com

Jika makeup pouch penting untuk kegiatanmu, ikuti tips packing traveling ini. Pilihlah kosmetik dengan kemasan berukuran cukup kecil. Pilih juga pouch yang berukuran agak besar, supaya bisa dalam jangkauan hand carry.

Hand carry ini bisa kamu bawa dan pegang selama perjalanan di pesawat. Kamu nggak perlu bongkar-bongkar koper dan ribet sendiri saat akan touchup.

Jangan remehkan kegunaan tas plastik bening

Tips packing simpel
www.instagram.com

Jika akan bepergian ke luar negeri, jangan lupa untuk memasukan alat mandi dan perlengkapan elektronikmu dalam tas bening. Tips packing simpel ini dimaksudkan agar kamu bisa melewati gerbang pemeriksaan dengan lebih cepat karena barang-barangmu mudah dideteksi oleh scanner.

Tas plastik juga berguna untuk mewadahi baju kotor. Sepertinya nggak bakal sempat cuci baju di sana, jadi sediakan kantong khusus untuk memisahkan baju kotor dan yang bersih.

Pakai baju yang sama untuk perjalanan pulang pergi

Tips packing simpel
www.instagram.com

Bukan jorok sih, tetapi seringkali baju yang kamu pakai buat pergi di hari pertama nggak akan terlalu kotor atau berkeringat. Karena kamu berada dalam kendaraan yang ber-AC. Kamu pun akan menghabiskan sebagian besar waktumu di sana duduk manis saja saat di dalam pesawat.

Alhasil, baju yang kamu pun cenderung masih bersih. Simpan baik-baik, lipat rapi, dan kenakan lagi saat perjalanan pulang. Ini tips packing simpel untuk menghemat bawaan baju di hari terakhir.

Pilih baju yang tepat untuk menghemat ruang

Tips packing simpel
www.instagram.com

Baju terusan seperti dress dan jumpsuit bisa menghemat banyak ruang di kopermu. Bisa pula diakali dengan memilih bawahan yang bisa dipakai berkali-kali. Jeans misalnya. Dengan begitu, kamu hanya perlu membawa atasan yang lebih banyak dari bawahan.

Kamu bisa memulai kegiatan packing-mu dengan memutuskan satu bawahan yang bakal kamu pakai. Selebihnya, kamu tinggal pilih padu padan atasannya. Sebuah tips packing simpel yang gampang diikuti, 'kan?

Jangan bawa barang yang kurang penting

Tips packing simpel
www.instagram.com

Membawa barang yang nggak akan dipakai di tempat tujuan itu sama saja dengan buang-buang energi. Hindari pula untuk membawa bekal terlalu banyak.

Kopermu jadi penuh dan sulit memuat barang yang sebenarnya malah penting. Kamu tetap bisa membeli makanan dan minuman sesampainya di sana kok.

Tak perlu bawa sepatu cadangan

Tips packing simpel
unsplash.com

Usahakan kamu cukup bawa satu alas kaki yang kamu pakai. Misalnya terjadi sesuatu, kamu bisa membeli alas kaki praktis semacam sandal di tempat tujuan.

Namun jika masih ingin membawa cadangan, kamu bisa membawa sepatu atau sandal yang tidak banyak makan tempat. Misalnya sandal flip-flop atau flat shoes. Ikuti tips packing simpel ini jika ingin bawaan tetap minimalis.

Jangan lupa bawa baju buat tidur, cukup 1-2 pasang saja

Tips packing simpel
unsplash.com

Jika kamu hanya bepergian selama akhir pekan alias 2-3 hari, membawa satu baju tidur sudah cukup. Sebab, kamu hanya akan memakainya di malam hari. Selebihnya, kamu akan berada di luar penginapan dan mulai menjelajah.

Jika kamu bepergian lebih dari tiga hari, boleh lah bawa 2 pasang baju tidur. Beraktivitas di dalam ruangan yang ber-AC nggak akan bikin kamu gerah dan banyak berkeringat. Dipakai beberapa malam masih aman, lah.

Jaket dan legging jangan ketinggalan!

Tips packing simpel
unsplash.com

Meskipun lokasi yang kamu tuju dikenal panas atau sedang mengalami musim panas, bukan berarti kamu bisa nggak bawa jaket. Kamu mungkin akan membutuhkannya selama perjalanan di pesawat.

Kamu pun tak pernah tahu perubahan cuaca yang bisa terjadi kapan saja. Legging juga penting ketika kamu memutuskan mengenakan rok atau dress. Legging bisa melindungi bagian kakimu ketika cuaca tiba-tiba tidak bersahabat. Ikuti tips packing simpel ini untuk berjaga-jaga.

Bawa peralatan mandi secukupnya

Tips packing simpel
www.instagram.com

Untuk peralatan mandi, ada tips packing simpelnya sendiri. Jangan bawa shampoo dengan botol berukuran besar dan sabun batangan yang besar. Usahakan membawa secukupnya.

Pindah sabun dan sampomu ke dalam botol ukuran kecil atau membeli kemasan sachet. Buat yang bepergian dengan pesawat, teliti juga batasan volume cairan yang bisa kamu bawa. Meskipun namanya packing, urusan toilettries perlu diperhatikan dengan cermat.

Pastikan tasmu nggak rusak atau hampir rusak

Tips packing simpel
www.instagram.com

Sebelum berangkat, pastikan untuk memilih tas dan koper yang benar-benar nyaman dipakai. Sesuaikan juga volume dengan kebutuhan kamu. Kalau ada rezeki lebih, bolehlah pilih tas dengan kualitas yang bagus.

Tips packing simpel lainnya adalah memastikan tas tetap dalam keadaan baik. Biar nggak ada drama tali tas putus atau roda koper yang copot. Daripada repot dan malah keluar biaya tambahan yang mahal, 'kan.

Demi perjalanan yang nggak ribet, silakan ikuti tips packing simpel ini ya, guys. Tingkat kepraktisannya bisa diaplikasikan sesuai kebutuhanmu. Apalagi jika ke luar negeri, kamu perlu lebih cermat dalam menata barang supaya nggak ada yang tertinggal.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini