icon-category News

12 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan, Sudah Tahu?

  • 19 May 2019 WIB
  • Bagikan :

    Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat penting bagi umat Islam. Pasalnya di bulan ini, rahmat dan berkah serta pahala yang melimpah akan didapatkan oleh seluruh umat muslim. Bahkan dosa-dosa yang terdahulu pun dapat dihapuskan ketika bertaubat di bulan ini – meskipun di bulan yang lain sama.

    Jika kita melihat ke belakang, ternyata cukup banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan ini. Mulai dari turunnya kitab suci umat Islam hingga merdekanya sebuah negara. Nah, penasaran kan peristiwa penting apa saja yang pernah terjadi di bulan Ramadan ini? Kalau begitu, langsung aja deh kita keepoin bareng-bareng!

    Turunnya Al-Quran

    Turunnya Al-Quran
    haluanpos.com

    Tanggal 17 Ramadhan menjadi tanggal yang penuh dengan keberkahan. Pasalnya, di tanggal tersebut, kita suci umat Islam diturunkan. Kitab suci ini nantinya akan menjadi pedoman bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Makanya bulan ini juga mendapat sebutan sebagai Syahrul Quran atau Bulan Al Quran.

     

    Pernikahan Nabi Muhammad SAW

    Pernikahan Nabi Muhammad SAW
    www.arah.com

    Nabi Muhammad SAW melangsungkan pernikahannya dengan Hafshah binti Umar bin Khatab serta Zainab binti Khuzaimah di bulan Ramadhan. Selain Rasullullah, sahabat Ali bin Abi Thalib juga meminang putri Rasul, yakni Fatimah di bulan Ramadhan.

    Perang Badar

    Perang Badar
    www.nu.or.id

    Perang Badar merupakan perang pertama yang dilakukan oleh kaum muslimin untuk menentang segala kemusyrikan yang ada di tanah Arab. Perang ini berlangsung pada bulan Ramadhan di tahun ke-2 Hijriah.

    Sebanyak 313 pasukan muslimin berhasil memenangkan perang ini. Perang ini pun menjadi pembuka ajaran Islam untuk menentang segala kemusyrikan dan kebatilan dari kaum kafir Quraisy.

    Meninggalnya putri Rasullullah

    Meninggalnya putri Rasullullah
    www2.kemenag.go.id

    Salah satu putri Rasullullah yang menikah dengan sahabat Utsman bin Affan meninggal tepat setelah kedatangan Zaid bin Haritsah untuk mengabarkan kemenangan kaum muslimin pada Perang Badar.

    Awal mula adanya zakat fitrah

    Awal mula adanya zakat fitrah
    www.pegipegi.com

    Sebagian ulama berpendapat jika perintah untuk menunaikan zakat fitrah turun pada bulan Ramadhan. Sementara perintah untuk menunaikan zakat mal turun pada bulan selanjutnya, yakni pada bulan Syawal.

    Penaklukan kota Mekkah

    Penaklukan Kota Mekkah
    abiummi.com

    Kota Mekkah Al Mukarromah berhasil ditaklukan oleh kaum muslimin pada tanggal 10 Ramadan tahun 8 Hijriah. Berawal dari ingkarnya kaum Quraisy terhadap perjanjian Hudaibiyah, kaum muslimin pun secara serentak datang dan menduduki kota Mekkah.

    Akhirnya kota suci ini berhasil dikuasai oleh kaum muslimin tanpa perlu terjadinya pertumpahan darah. Perisitwa ini disebut juga sebagai Fathul Mekkah.

    Penghancuran berhala

    Penghancuran berhala
    www.tongkronganislami.net

    Usai menaklukkan Mekkah, Rasul kemudian mengutus Khalid bin al-Walid, Amr bin Al-‘Ash, dan Sa’ad bin Zaid Al-Asyhali untuk merobohkan seluruh berhala yang ada di sana. Khalid menghancurkan berhala Al-‘Uza, Amr menghancurkan berhala Suwa, dan Sa’ad menghancurkan berhala Al-Manat. Kota Mekkah pun kembali suci.

    Rombongan Taif masuk Islam

    Rombongan Taif masuk Islam
    www.abufida.com

    Pada tahun 9 Hijirah, rombongan dari kota Taif telah sampai ke kota Madinah. Mereka pun dengan segera memeluk Islam dan ikut berpuasa di kota tersebut bersama dengan umat muslim lainnya.

    Penduduk Yaman memeluk Islam

    Penduduk Yaman memeluk Islam
    sulaimandjaya.wordpress.com

    Pada bulan Ramadhan tahun 10 Hijriah, Ali bin Abi Thalib beserta rombongan pergi ke Negara Yaman untuk mengantarkan surat dari Rasullullah. Sesampainya di Yaman, Ali kemudian memberikan surat tersebut kepada perwakilan dari suku Hamdan. Setelah membaca surat dari Rasul, semua orang dari suku Hamdan pun memeluk Islam.

    Islam menguasai Andalusia

    Islam menguasai Andalusia
    wildamaterisejarah.blogspot.com

    Berawal dari kekalahan Raja Rodrik oleh Tariq bin Ziyad pada tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriah, ajaran Islam pun masuk ke Andalusia. Pasca peristiwa tersebut, Islam pun mulai menguasai Eropa.

    Meski begitu, perjuangan tentara Islam untuk menegakkan ajaran Allah mendapat hadangan dari tentara Prancis yang hendak menguasai Andalusia. Kaum muslimin yang dipimpin oleh panglima perang, Yusuf bin Yasyfin, pun harus berhadapan dengan tentara Prancis yang dipimpin oleh Alfonso 6.

    Kemenangan di Perang Salib

    Kemenangan di Perang Salib
    www.penaaksi.com

    Pada bulan Ramadhan tahun 584 Hijirah, pasukan Salahuddin Al-Ayyubi berhasil menaklukan kaum Salib. Perisitwa tersebut berdampak besar bagi negara-negara yang pernah dikuasai oleh kaum Salib.

    Kemenangan umat Islam pada Perang Salib di bulan Ramadhan tahun 1393 Hijriah pun berhasil membuat Palestina kembali ke tangan kaum muslimin setelah sebelumnya dikuasai oleh kaum Yahudi.

    Kemerdekaan Indonesia

    Kemerdekaan Indonesia
    www.youtube.com

    Perisitwa penting terakhir yang terjadi di bulan Ramadhan adalah merdekanya negara kita tercinta, Indonesia. Kemerdekaan ini didapatkan pada tangal 17 Agustus 1945. Sepertinya bukan sebuah kebetulan kenapa para pendahulu kita memilih bulan Ramadhan sebagai bulan kemerdekaan Indonesia.

    Bulan Ramadhan memang menjadi waktu yang cukup unik untuk beberapa negara di dunia. Pasalnya berbagai tradisi dan kebudayaan yang tidak kita temui di bulan yang lain dapat kita rasakan di bulan ini.

    Misalnya saja salat tarawih, berburu takjil, hingga perang sarung selepas tarawih. Saking uniknya, beberapa meme dibuat untuk menggambarkan keunikan budaya yang terjadi di bulan Ramadhan.

    Tapi itulah tadi beberapa catatan mengenai peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu, ya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini