icon-category Startup

15 Aplikasi yang Bisa Scan QR Code Pedulilindungi, Biar Bisa Masuk Mal

  • 25 Oct 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Kementerian Kesehatan telah membuka peluang aplikasi lain untuk bisa melakukan scan QR Code saat masuk ke mal dan fasilitas publik tanpa harus menggunakan aplikasi Pedulilindungi. Namun aplikasi yang dimaksud harus terlebih dahulu terintegrasi dengan Pedulilindungi untuk bisa melakukan scan barcode.

    Hal ini sejatinya telah berlangsung sejak awal Oktober lalu. Dikatakan pihak kementerian kesehatan, dikutip dari pemberitaan di laman resmi Kemkes.go.id, setidaknya akan ada 50 aplikasi yang akan terintegrasi dengan Pedulilindungi, khususnya untuk kemampuan barcode scanner saat memasuki mal atau fasilitas publik.

    Baca juga: Waspada Situs Palsu Pedulilindungi

    Namun saat ini, setidaknya baru ada 15 aplikasi yang sudah bisa diimplementasikan scan barcode Pedulilindungi. Sisanya, 35 aplikasi lain masih dilakukan uji coba dan akan siap mengadopsi scan barcode dalam beberapa waktu ke depan. 15 aplikasi itu adalah,

    1. LinkAja
    2. Gojek
    3. Tokopedia
    4. DANA
    5. Tiket.com
    6. Livin' by Mandiri
    7. JAKI
    8. Shopee
    9. Grab
    10. Loket.com
    11. MCash
    12. Cinema XXI
    13. Goers
    14. BNI Mobile
    15. Traveloka

    "Integrasi QR Code PeduliLindungi ini adalah dalam rangka memperluas cakupan penggunaan QR Code PeduliLindungi. Sejak awal Juli hingga sekarang sudah lebih dari 73 juta penggunaan dan lebih dari 25rb merchants tergabung. Ke depannya akan terus bertambah lagi," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya tersebut.

    Baca juga: Luhut Ingin Aplikasi Pedulilindungi Punya Sistem Pembayaran

    Ditambahkan Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji mengatakan untuk menjangkau seluruh masyarakat Indonesia tidak mungkin bekerja sendiri, tapi harus bersama-sama. Sistem keamanan data aplikasi PeduliLindungi terus ditingkatkan. Tidak ada data pribadi yang disimpan dalam mitra platform. Sistem PeduliLindungi hanya memberikan kode informasi untuk kategori warna.

    “Diharapkan dengan adanya integrasi QR Code PeduliLindungi ini akan mencegah penyebarluasan COVID-19. Terima kasih buat para mitra yang telah mendukung kegiatan ini,” katanya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini