icon-category Telco

154 Ribu Data Pengguna Dibobol Hacker, Biznet Gio Buka Suara

  • 27 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Setelah diduga mengalami kebocoran data oleh threat actor Bluecifer pada Senin (25/3) kemarin, layanan cloud Biznet Gio akhirnya buka suara terkait hal tersebut.

“Keamanan data pelanggan merupakan prioritas utama bagi Biznet Gio yang terus berupaya untuk meningkatkan sistem serta infrastruktur layanannya. Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” tulis tim Biznet Gio dalam pernyataan resmi yang diterima Uzone.id.

Dalam pernyataan yang sama, Biznet Gio mengatakan kalau pihaknya langsung melakukan investigasi setelah mendapat laporan soal informasi kebocoran data tersebut.

“Pada tanggal 25 Maret 2024, Biznet Gio menerima laporan mengenai informasi kebocoran data yang melibatkan informasi pelanggan kami. Tim keamanan Biznet Gio segera melakukan investigasi menyeluruh untuk segera mengambil tindakan,” kata tim Biznet Gio.

Selain melakukan investigasi, tim Biznet Gio beserta Biznet juga bekerjasama dengan pihak berwajib untuk mengidentifikasi kasus ini.

“Biznet Gio bersama dengan Biznet saat ini tengah menjalin kerjasama erat dengan otoritas Kepolisian Republik Indonesia untuk mengidentifikasi dan menindak tegas pihak-pihak yang diduga telah melakukan pencurian data,” tambahnya.

Dugaan kebocoran data yang dialami oleh Biznet dan Biznet Gio dilakukan oleh threat aktor yang sama yakni Bluecifer. Dalam warning-nya, Bluecifer akan kembali melakukan aksinya pada 7 April 2024 nanti apabila keinginannya tidak dipenuhi oleh pihak Biznet.

Melihat adanya peristiwa ini sekaligus ancaman tersebut, tim Biznet Gio mengklaim kalau pihaknya telah mengambil langkah teknis strategis untuk melindungi infrastruktur dan data pelanggan Biznet Gio.

“Dalam rangka menjaga keamanan data pelanggan, berbagai langkah proaktif telah diimplementasikan sebelumnya. Biznet Gio sudah menerapkan autentikasi dua faktor (2FA) untuk menghalangi akses tidak sah,” tambah Biznet Gio.

Layanan cloud dari Biznet ini juga telah melakukan penguatan sistem dan infrastruktur layanan melalui penilaian yang cermat dan pengambilan langkah-langkah pencegahan yang sesuai. 

Sebagai bentuk dedikasi perusahaan dalam keamanan data, Biznet Gio pun menyediakan hotline khusus secara gratis bagi pelanggan yang  ingin mengamankan data krusial, melalui support@biznetgio.com.

Sebelumnya, Bluecifer kembali beraksi dengan membocorkan 154.091 data pengguna Biznet Gio yang berupa nama lengkap, email, saldo, password hash, alamat, NPWP, nomor HP dan data lainnya.

Mengenai kevalidan datanya sendiri, Teguh mengatakan kalau dari 154.091 data yang bocor, 2.000 sampel dipilih secara acak untuk divalidasi. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini