icon-category News

188.983 Jamaah Haji Indonesia Sudah Berada Makkah

  • 02 Aug 2019 WIB
Bagikan :

Jumlah jamaah haji Indonesia terus memadati Makkah. Berdasarkan data Siskohat Kemenag, hingga Jumat (2/8) pukul 02.30 waktu Arab Saudi (WAS), jumlah jamaah haji Indonesia yang tiba di Tanah Suci mencapai 188.983 orang.

Sedangkan dalam proses penerbangan sekitar 2.000 jamaah. Sehingga dengan tambahan tersebut, jumlah jamaah yang nantinya tiba mencapai 190.947 orang.

Total yang berangkat dan meninggalkan Tanah Air menuju Tanah Suci mencapai 474 kloter dari rencana akhir 529 kloter. “Saat ini yang tiba di Tanah Suci, mencapai 479 kloter,” tulis data Siskohat Kemenag.

Sementara itu, jumlah jamaah yang wafat terus bertambah. Saat ini jumlahnya sudah mencapai 46 orang. Sebelumnya, setelah Siti Aminah Takrif Abu yang wafat pada Rabu (31/7) seusai berziarah ke Jabal Rahmah, menyusul berikutnya adalah Mesilah Mohammad Sholikhin dari Kloter 5 Embarkasi Surabaya (SUB-5), dan Muslimin Musthofa Sholha, jamaah dari kloter 21 Embarkasi Batam (BTH-21).]

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan agar jamaah terus menjaga diri dan kesehatannya. “Jaga diri, dan ukur kemampuan diri bila hendak melakukan sesuatu. Jaga kesehatan dan pola makan,” ujar Lukman Hakim Saifuddin yang juga amirul hajj 2019.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Tags : Jamaah haji Makkah 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini