home ×
Gadget

2 Hal yang Perlu Dicontek iPhone 12 dari iPad Air 4

24 September 2020 By
2 Hal yang Perlu Dicontek iPhone 12 dari iPad Air 4
Share
Share
Share
Share

(Tombol power dengan sensor sidik jari pada iPad Air 4/dok. Apple)

Uzone.id -- iPhone 12 belum kunjung diluncurkan. Banyak yang meyakini iPhone generasi terbaru ini akan diperkenalkan Apple pada Oktober mendatang dan dari sekian banyak bocoran yang berseliweran, bisa gak ya kira-kira dua hal yang ada di iPad Air 4 ini dicontek iPhone 12?

iPad Air generasi keempat yang justru menjadi sorotan mata dunia saat Apple Event pada 15 September kemarin memang memberi beberapa kejutan. Terlepas iPad Air 4 ini dianggap sebagai pesaing iPad Pro, ada dua hal yang dianggap seharusnya dapat menginspirasi kehadiran iPhone 12.

Hal pertama, sensor sidik jari di tombol power.

iPad Air 4 memang sudah tak lagi mengusung tombol Home di bagian bawah, perangkat ini sudah seperti iPad Pro dengan layar lebih luas yakni 10,9 inci.

Baca juga: iPad Air 4 Punya Chipset A14 Bionic dan Dukung Magic Keyboard

Hal menarik dari iPad Air 4 adalah, ia tetap dibekali sensor sidik jari yang disematkan di tombol power mungil yang letaknya di atas kanan bodi tablet, cara kerjanya hampir sama seperti Touch ID pada tombol Home iPhone 7. Sementara bentuk dan posisinya cukup mengingatkan kita terhadap seri iPhone 5.

Nah, fitur ini diharapkan dapat ditiru oleh iPhone 12 agar pengguna tetap mendapatkan opsi keamanan ponsel menggunakan sidik jari, tak hanya pengenalan wajah alias Face ID saja seperti halnya iPhone X ke atas yang tak lagi memiliki sensor fingerprint.

Saat ini, satu-satunya iPhone anyar yang tidak mendukung Face ID hanya iPhone SE karena desainnya mirip seperti iPhone 7 dan masih dilengkapi sensor Touch ID di bagian bawah.

Lagipula, di era pandemi seperti ini, banyak yang mengeluhkan sulit membuka kunci iPhone mereka menggunakan Face ID ketika sedang mengenakan masker. Alhasil, masker harus diturunkan dulu untuk membuka kunci iPhone, atau terpaksa menggunakan nomor PIN.

Mengutip The Verge, ada rumor yang sempat menyebut Apple sebenarnya sedang mengembangkan teknologi sidik jari di bawah layar untuk iPhone baru, namun belum ada kelanjutannya mengenai rumor satu ini.

Baca juga: iPhone Layar Terkecil Akan Diberi Nama 'iPhone 12 Mini'?

Hal kedua, port USB-C!

iPad Air 4 saja akhirnya menyingkirkan port Lightning dan beralih ke USB-C seperti halnya iPad Pro. Tentu perubahan dari Lightning ke USB-C ini pantas diharapkan muncul di iPhone 12.

Selain karena hampir semua ponsel Android menggunakan USB-C dan dapat mendukung kemampuan fast-charging, penggunaan USB-C saat ini sudah jauh lebih umum.

Sayangnya hal ini masih minim bocoran, malah Apple lebih mengutamakan pengumuman mengenai charger yang tak lagi akan diberikan di dalam kotak perangkat baru, dan hal ini besar kemungkinannya akan terjadi juga pada iPhone 12.

Namun tetap saja, berandai dan berharap untuk sesuatu yang lebih baik, gak ada salahnya, ‘kan? Semoga Apple mau mempertimbangkan dua hal ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article