icon-category Digilife

2 Jam Lumpuh, WhatsApp Akhirnya Kembali Normal

  • 25 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Amin Moshrefi/Unsplash

    Uzone.id - Selasa, (25/10) sekitar pukul 13:58 WIB, pengguna WhatsApp di berbagai belahan dunia mengalami gangguan. Alhasil, pengguna tak bisa mengirim menerima pesan, dan melakukan video dan voice call.

    Keluhan warganet pun mengalir di media sosial, terutama Twitter. Keyword ‘WhatsApp’, ‘WhatsApp Down’, Ini  WA, Ceklis Satu, dan lainnya menjadi trending di Twitter.

    2 Jam berlalu, WhatsApp akhirnya bisa kembali digunakan. Dari pantauan Uzone.id, WhatsApp sudah kembali pulih dan mulai menerima pesan atau mengirim pesan kembali sekitar pukul 4 sore WIB. 

    Baca juga: WhatsApp Down! Twitter Banjir Keluhan

    Laporan web Downdetector.id juga menunjukkan grafik menurun. Hingga pukul 5 sore, laporan yang masuk hanya sebanyak 166, berbeda jauh dengan sebelumnya dimana laporan mencapai 8 ribu lebih pada pukul 2 siang.

    Belum diketahui alasan dibalik gangguan ini, namun perwakilan dari Meta mengakui bahwa layanan mereka mengalami down akses.

    “Kami mengetahui kalau semua orang mengalami gangguan ketika mengirim pesan di WhatsApp. Kami telah memperbaiki masalah tersebut dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata perwakilan Meta, dilansir dari TechCrunch, Selasa, (25/10).

    Error-nya WhatsApp ini bikin warganet hijrah sebentar ke Telegram dan juga layanan perpesanan SMS. Kalau WhatsApp error, yang selalu dapat untung pasti Telegram karena aplikasi ini jadi salah satu yang juga populer di Indonesia.

    Layanan SMS juga akhirnya kembali digunakan setelah lama dilupakan, tak sedikit yang sengaja membeli pulsa hanya untuk mengirim pesan lewat SMS ketika WhatsApp error. 

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini