icon-category Startup

20 Tahun Berdiri, Platform Edtech Zenius Setop Beroperasi

  • 03 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id — Startup edtech lokal, Zenius mengumumkan bahwa platformnya berhenti beroperasi. Isu ini sudah cukup ramai dibahas di media platform X sejak malam hari ini, Rabu (3/1).

Melalui pernyataan CEO Zenius, Sabda PS yang dikirimkan kepada Uzone.id, Rabu (3/1), ia mengaku platform edukasi online yang sudah berdiri sejak 20 tahun lalu itu memang mengalami tantangan operasional.

“Saat ini Zenius sedang mengalami tantangan operasional, dan kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan yang akan ditimbulkan bagi para pengguna kami,” ungkap Sabda.

Ia melanjutkan, “kami mengambil langkah strategis untuk menghentikan operasi secara sementara, tetapi kami menjamin bahwa kami tidak akan berhenti berusaha untuk menjalankan dan mewujudkan visi untuk merangkai Indonesia yang cerdas, cerah, asik.”

Sayangnya, Sabda tidak memberikan alasan atau penjelasan secara detail mengenai masalah yang dialami startupnya ini, pun begitu dengan kepastian tentang rencana selanjutnya.

“Kami menyadari bahwa keputusan ini akan mengecewakan banyak pihak, terutama para pengguna setia kami, yang telah mendukung dan mempercayai kami selama ini. Untuk itu, kami meminta maaf dan berterima kasih kepada para pengguna dan mitra atas kepercayaan yang telah diberikan,” katanya.

Ia menyambung, “kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pengguna, yang telah menjadi pilar penting dalam perjalanan kami sejak 2004. Dukungan dan kepercayaan mereka adalah hal yang tak ternilai bagi kami.”

Sejak tahun 2004, Zenius telah memainkan peran penting dalam mewujudkan mimpi jutaan siswa, membantu mereka masuk ke perguruan tinggi negeri impian.

Zenius juga dikenal sebagai platform edukasi online terdepan di Indonesia, yang menawarkan materi pelajaran SD, SMP, SMA, persiapan UTBK, ujian mandiri, hingga upskilling/reskilling profesional.

Kabar Zenius pamit ini sudah meramaikan linimasa X, yang berawal dari seorang akun dari platform Murzfeed yang memposting judul ‘Zenius pailit’ yang berisi, “Hari pertama 2024 langsung townhall. Last day perusahaan 22 Januari 2024.”

Ramainya kabar ini juga membuat beberapa akun X mengenang saat mereka menggunakan layanan Zenius untuk menunjang pembelajaran mereka saat masih sekolah dan proses UTBK.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini