2019, Jalanan Amerika dan China Bakal Dipenuhi Vespa Listrik

10 October 2018 by
2019, Jalanan Amerika dan China Bakal Dipenuhi Vespa Listrik

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa produsen kendaraan lebih getol mengembangkan mobil listrik ketimbang motor listrik. Ini terlihat dari lebih banyaknya mobil listrik yang berseliweran di jalan.

Namun situasi ini sepertinya tidak akan lama lagi, apalagi setelah Vespa listrik yang dinamai Elettrica meluncur di America Serikat (AS) dan China pada awal 2019 nanti. Dilaporkan CNET, Rabu (10/10/2018), Vespa Elettrica sebenarnya sudah diperkenalkan sejak 2016 lalu, namun karena berbagai pertimbangan, skuter ini baru siap untuk masuk pasar Eropa pada Oktober 2018.

Baca Juga : Mobil Listrik Mercy Bertampang Klasik Ini Bisa Kalahkan Mobil F1

Skuter yang dibalut dengan warna krom kinclong ini bentuknya tetap imut, mirip versi mesin bensin 4 tak. Tetapi skuter ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal untuk ukuran motor kecil, yakni mencapai US$7.300 atau mencapai Rp 110 jutaan.

Banderol tersebut hampir sama dengan harga mobil murah ramah lingkungan (LCGC) tipe termurah seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla atau Datsun Go Panca.

Jika dibandingkan dengan produk Vespa lain, banderol ini lebih mahal dua kali lipat dari Vespa GTS 150 I-GET ABS yang dijual seharga Rp 51 jutaan, padahal berukuran lebih kecil.

Dengan banderol yang mahal, skuter ini memiliki dapur pacu motor listrik berkekuatan 5 HP yang dilengkapi set aki atau battery pack yang memiliki jarak tempuh maksimal 62 mil atau sekitar 90 kilometer jika terisi penuh. Seperti kendaraan listrik lain, waktu mengisi aki hingga penuh dari kosong bisa mencapai 4 jam yang bisa dilakukan dimana saja karena memiliki colokan seperti alat-alat listrik umumnya.

Tak lupa, Vespa menyematkan spidometer dengan display TFT full colour untuk memanjakan mata pengendara supaya berbagai informasi yang tertera bisa jelas dibaca.

Karena jarak tempuh kendaraan ini hanya 90 km, maka Vespa sedang mempertimbangkan untuk menambahkan mesin kecil untuk menambah kemampuan jelajahnya hingga 124 mil (180km) atau membuat versi hybrid. Pasalnya Vespa Primavera 50 cc bisa menempuk jarak 3 kali lipat lebih jauh dengan sekali isi bensin atau memiliki efisiensi hingga 90 mil per gallon (MPG).

Baca Juga : Uber Mulai Sewakan Skuter Listrik, Berapa Tarifnya?

Seperti ciri khas kendaraan listrik, Elettrica memiliki torsi yang melimpah, jauh lebih bertenaga ketimbang mesin 50 cc pada Vespa Primavera. Bahkan torsi ini terasa cukup menghentak pada setiap putaran gas ketika berakselerasi. Hal ini yang menjadikan skuter ini cocok untuk diajak blusukan di gang-gang ibukota dan lalulintas yang macet sambal bergaya tentunya. [WS/IF]

Sumber: CNET

Artikel 2019, Jalanan Amerika dan China Bakal Dipenuhi Vespa Listrik dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
666 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ZIEL GREMORY 23 October 2018 | 23:22:24

amerika dan china sudah memulai kampanye motor listrik

Febrianhandi Handi 23 October 2018 | 23:07:40

andaikan indonesia juga ada pasti keren

Only one 23 October 2018 | 22:34:25

enak deh kalo udh pake listrik smua vespa

Rudy Mrb 23 October 2018 | 22:15:00

bagus pespa idaman keluarga

Ilham Mujahidin 23 October 2018 | 21:47:21

seperti jamn dahulu kala

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top