Digilife

2022, Instagram Makin Fokus ke Video dan Fitur DM

  • 30 December 2021
  • Bagikan :
    2022, Instagram Makin Fokus ke Video dan Fitur DM Ilustrasi foto: Claudio Schwarz/Unsplash

    Uzone.id - CEO Instagram, Adam Mosseri mengungkapkan beberapa rencana mereka pada tahun 2022 mendatang. 

    Rencana tersebut dibeberkan dalam video singkat yang diunggahnya pada Selasa, 28 Desember 2021 di akun media sosial Instagram dan Twitter.

    Dalam video akhir tahun tersebut, Mosseri menyebutkan beberapa gagasan yang akan dilakukan platform tersebut.

    “Kita akan memikirkan kembali ‘apa itu Instagram?’ karena dunia terus berubah dan kita harus turut serta berubah bersamanya,” ungkap Mosseri.

    Beberapa prioritas yang diungkapkan Mosseri untuk Instagram diantaranya, Video, fitur pesan, kreator dan transparansi.

    Baca juga: Kaleidoskop 2021: Facebook Dituding Biang Pembantaian Rohingya

    Berbicara soal video, Juli lalu Mosseri sempat mengatakan jika Instagram bukan lagi aplikasi berbagi foto namun juga video, khususnya untuk hiburan. Tahun 2022 ini, Instagram berencana untuk lebih mengembangkan lagi produk video mereka, termasuk Reels.

    “Instagram akan mengkonsolidasi semua produk video kami ke Reels dan terus mengembangkannya,” kata Mosseri.

    Bulan Oktober lalu, Instagram telah melakukan perubahan dengan menggabungkan video feed dan IGTV yang berdurasi kurang dari 15 menit ke Reels. Tujuannya untuk memudahkan pengguna dalam menemukan video yang mereka inginkan.

    Selanjutnya, Instagram akan memprioritaskan kreator sebagai garda depan platform mereka. Mosseri mengatakan akan banyak tool untuk membantu para kreator mendapatkan cuan di Instagram.

    Lalu, salah satu yang menarik perhatian adalah Instagram akan berfokus pada fitur pengiriman pesan, alias DM. melihat orang-orang sering berkomunikasi secara online lewat aplikasi dan fitur chat, hal ini tentu akan menjadi fokus Mosseri untuk mengembangkan produk yang berguna bagi pengguna.

    Transparansi juga menjadi salah satu yang akan menjadi fokus utama Instagram di 2022. Mosseri juga mengatakan akan segera menggandakan pekerjaan pada pengawasan dan kontrol dalam platformnya.

    Baca juga: Bos Instagram Promosikan 3 Fitur Baru Ini, Apa Saja?

    Awal bulan ini, alat kontrol orang tua telah diumumkan oleh Instagram untuk memberikan kendali pada orang tua pengguna. Feed versi kronologis juga akan segera kembali tahun depan.

    Mosseri beberapa kali mengatakan bahwa pembaruan di 2022 akan berfokus dalam memberikan lebih banyak kendali pada pengguna. Salah satu yang ia soroti adalah fitur kontrol konten sensitif, kemampuan menyembunyikan jumlah like dan fitur ‘Hidden Word’ pada DM.

    Melihat Instagram akan berfokus pada transparansi, keamanan dan kenyamanan pengguna tak lepas dari kejadian di tahun 2021, dimana whistleblower menyoroti aplikasi ini dapat mempengaruhi kesehatan mental para remaja.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini