Sponsored
Home
/
Digilife

2024, Iklan Malware dan Pencuri Kripto Bakal Ramai di Dark Web

2024, Iklan Malware dan Pencuri Kripto Bakal Ramai di Dark Web
Preview
Vina Insyani22 January 2024
Bagikan :

Uzone.idKejahatan dunia siber dari tahun ke tahun masih akan terus bertumbuh. Jika tahun lalu pakar siber memprediksi adanya peningkatan pencurian dan pemerasan, tahun ini pakar siber Kaspersky memprediksi beberapa tren yang akan menghiasi dark web sepanjang tahun.

Kaspersky memprediksi kalau layanan penguras kripto, promosi situs web palsu lewat iklan penelusuran dan loader berbahaya akan meningkat di tahun ini.

“Keamanan siber menuntut sikap proaktif. Memantau aktivitas dan tren pasar dark web mirip dengan mengintip pedoman melawan musuh, memungkinkan deteksi dini ancaman, memahami taktik musuh, dan memastikan Anda beberapa langkah lebih maju dalam hal pertahanan dunia maya,” kata Sergey Lozhkin, Peneliti Keamanan Utama, Tim Riset dan Analisis Global (GReAT) Kaspersky, Sabtu, (20/01).

Dalam laporan Kaspersky Security Bulletin (KSB), yang dibagikan Jumat, (20/01), penipu akan beralih ke iklan di browser untuk mempromosikan situs-situs palsu berisi malware.

Jika sebelumnya mereka banyak menggunakan email palsu, penjahat kini menggunakan iklan di Google dan Bing untuk memastikan posisi mereka muncul di pencarian paling atas.

Situs palsu tersebut berisi malware yang siap mencuri berbagai informasi pribadi pengguna. Menurut Kaspersky, aktivitas penjualan di pasar ‘bawah tanah’ akan ikut meningkat begitupun dengan praktik penipuan lewat iklan browser ini yang juga akan semakin diminati.

Selanjutnya, layanan penguras kripto juga akan mengalami peningkatan tahun ini. Layanan penguras kripto ini berbentuk software dan mengancam para penggiat kripto.

Perangkat lunak berbahaya ini dirancang untuk mencuri dana secara cepat dan otomatis dari dompet kripto yang sah ke dompet para penjahat siber.

Tahun ini, permintaan terhadap malware pencuri kripto semacam ini diramal akan terus meningkat, dimana ini mengakibatkan peningkatan prevalensi iklan yang mempromosikan pengembangan dan penjualannya di pasar bawah tanah.

“Minat berkelanjutan terhadap kripto, NFT, dan aset digital lainnya diperkirakan akan memicu proliferasi alat-alat ini,” tambah Sergey.

Selain iklan browser dan pencuri dompet kripto, para ahli juga mengantisipasi adanya peningkatan layanan lainnya. Salah satunya adalah peningkatan layanan malware Loader.

Jumlah layanan penyedia penghindaran Antivirus untuk malware (crypt) akan meningkat begitupun layanan Bitcoin Mixers serta layanan pembersihan akan terus berkembang dan menunjukkan perubahan pasar yang dinamis.

Di tahun 2023 lalu, Kaspersky menemukan peningkatan mengenai kejahatan pemerasan pada perusahaan di dark web, kredensial pribadi juga menghadapi resiko kebocoran besar karena adanya peningkatan postingan terkait malware stealer di dark web.

Postingan yang menawarkan log pencuri Redline yang merupakan sebuah malware ikut meningkat tiga kali lipat menjadi 1.200 pada tahun 2023. Secara keseluruhan, volume berbagai macam file log malware yang berisikan data pengguna yang disusupi dan diposting secara bebas di dark web, naik hampir 30 persen pada tahun 2023, dibandingkan tahun sebelumnya.

populerRelated Article