Home
/
Technology

24 Tahun Berdiri, Berapa Pelanggan Telkomsel di Indonesia?

24 Tahun Berdiri, Berapa Pelanggan Telkomsel di Indonesia?

Hani Nur Fajrina26 May 2019
Bagikan :

(Foto: Telkomsel)

Uzone.id -- Perusahaan penyedia operator seluler Telkomsel genap berusia 24 tahun pada Minggu (26/5). Nyaris menginjak usia seperempat abad, ada beberapa pencapaian besar dari perusahaan berlogo merah ini.

Tercatat Telkomsel memiliki 168 juta pelanggan di Indonesia, angka yang masif bagi perusahaan telekomunikasi ini. Seiring berkembangnya waktu, Telkomsel berkomitmen untuk membangun infrastruktur jaringan di berbagai wilayah Tanah Air.

Dari pernyataan resmi perusahaan yang diterima Uzone.id, Telkomsel mencatat ada lebih dari 197 ribu menara BTS yang menjangkau 95 persen wilayah populasi Indonesia. Selain itu, Telkomsel juga telah menggelar lebih dari 147 ribu BTS broadband 3G/4G, di mana jaringan 4G LTE telah menjangkau 599 kabupaten.

Telkomsel juga menambah 8.000 BTS menggunakan teknologi Massive MIMO pada kuartal pertama 2019. Tujuannya untuk meningkatkan jaringan lebih cepat, yakni 4,9G. Tampaknya memang sengaja untuk bersiap-siap menyambut 5G kelak.

Baca juga: 3 Langkah Telkomsel Transformasi Jadi Perusahaan Digital Telco

Berbicara tentang perkembangan jaringan, Telkomsel kerap mengatakan siap bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Kenyataannya, memang ada berbagai bisnis digital yang disediakan Telkomsel seperti aplikasi mobile yang berisi layanan streaming di MAXstream, hingga membangun ekosistem digital itu sendiri melalui pengembangan talent di program inkubasi startup NextDev.

Preview
(Foto: Telkomsel)

Dari data yang dipaparkan, strategi Telkomsel dalam mengembangkan bisnis digital ditandai dari pendapatan menjadi 61,4 persen dari tahun sebelumnya sebesar 48 persen year-on-year (YoY).

Sementara pendapatan layanan data juga mengalami peningkatan, yakni sebesar 29,7 persen YoY dengan peningkatan data payload 56,6 persen YoY.

Baca juga: Pelanggan Telkomsel yang Mudik Tahun ini Naik 11 Persen

“Hasil yang terlihat dari performa bisnis Telkomsel sudah sejalan dengan upaya transformasi kami, baik dari bisnis maupun organisasi. Kami berkomitmen untuk menyediakan produk dan layanan basis digital bagi pelanggan di perkotaan hingga pelosok Indonesia,” ucap Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Kini Telkomsel sedang dalam proses pengembangan layanan digital di ranah lain seperti fintech, digital advertising, big data, dan tak lupa Internet of Things (IoT) yang akan menjadi primadona jika jaringan 5G betul-betul digelar di Indonesia.

Tags:
populerRelated Article