28 Tahun Telkomsel: Perkuat Ekosistem Digital Tanah Air Lewat 3 Pilar
Foto: 28 Tahun Telkomsel
Uzone.id – Telkomsel memasuki usia baru, tepat 28 tahun sudah salah satu operator terbesar di Indonesia tersebut mendampingi masyarakat Indonesia.
Selama hampir 3 dekade itu pula, Telkomsel terus memperkuat peran mereka sebagai penyedia layanan dan solusi gaya hidup digital yang terpercaya lewat layanan-layanan yang inovatif.Memasuki usia baru tersebut, Telkomsel dengan semangat #BersamaJadiTerdepan membuka peluang kemajuan dalam memperkuat inklusi ekosistem digital di Indonesia secara berkelanjutan.
Upaya ini dilakukan menggunakan tiga pilar digital, yaitu sebagai penyedia Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service yang andal untuk menghadirkan solusi serta inovasi layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat.
“Di usia 28 tahun ini, Telkomsel akan melanjutkan langkah transformasi dalam menguatkan inklusi ekosistem digital Indonesia, mendorong pemanfaatan teknologi terkini, serta memajukan iklim industri telekomunikasi dan digital yang semakin sehat,” ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Jumat, (26/05).
Ke depannya, Hendri mengatakan bahwa Telkomsel berkomitmen terus bertumbuh dan berkembang, membuka lebih banyak peluang kemajuan yang berkelanjutan bagi bangsa, serta konsisten mengambil peran terdepan dalam menguatkan pertumbuhan inklusi ekosistem digital nasional secara lebih menyeluruh.
Lalu bagaimana dan apa saja pencapaian Telkomsel selama 28 tahun berdiri untuk memajukan ekosistem digital di Indonesia?
28 tahun bukan waktu yang sebentar, selama itu pula Telkomsel sudah menghadirkan infrastruktur jaringan berteknologi broadband yang merata hingga pelosok negeri.
“Langkah nyata tersebut telah diwujudkan dengan melakukan peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE pada 504 kota/kabupaten di Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 2022 dan akan segera dituntaskan pada pertengahan 2023,” kata Hendri.
Berkat upaya ini, Telkomsel mendapat penghargaan dari Ookla® Speedtest Awards™ 2022 sebagai Fastest Mobile Network, Best Mobile Coverage, dan Best Mobile Network.
Telkomsel juga terus melakukan perluasan jaringan 5G yang tersebar di 69 kota dengan 280 BTS 5G serta menguji coba 5G Robotic Telesurgery pertama di Indonesia.
Tak sampai disitu saja, layanan Fixed Mobile Convergence (FMC) juga dihadirkan melalui pengintegrasian layanan IndiHome ke Telkomsel dengan harapan masyarakat memperoleh layanan broadband yang lebih luas.
Portofolio bisnis juga terus dikembangkan oleh Telkomsel yang mana bisnis digital menyuimbang lebih dari 84.4 persen dari total pendapatan perusahaan.
INDICO menjadi salah satu anak usaha Telkomsel yang bergerak di sektor digital sekaligus holding company yang menangani sejumlah anak perusahaan, mulai dari (health-tech), Kuncie (edu-tech), dan Majamojo (gaming) serta mengembangkan Platform Digital Food Ecosystem (DFE) yang bergerak di pertanian.
Telkomsel juga terus bertransformasi ke arah bisnis digital untuk menghadapi tantangan industri digital, baik untuk segmen Business-to-Business (B2B) maupun Business-to-Consumer (B2C).
Salah satunya dengan memperkuat platform digital layanan MyTelkomsel dan memperluas model bisnis layanan streaming video MAXstream.
Di segmen B2B, unit bisnis Telkomsel Enterprise fokus menghadirkan solusi bisnis untuk pelanggan korporasi, industri, serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), hingga instansi pemerintah lewat berbagai layanan seperti konektivitas hingga IoT.
Telkomsel meluncurkan inisiatif ‘Telkomsel Jaga Bumi’ untuk menjaga masyarakat dan lingkungan lewat pengelolaan waste management, carbon offset, digitalization support ekosistem hutan bakau (mangrove), hingga program dalam membantu mengurangi emisi karbon di Indonesia melalui program bundling paket data Telkomsel dengan motor listrik.
Dalam dunia pendidikan dan pengembangan talenta digital pun Telkomsel memperluas struktur organisasi bagi mereka yang berbakat di Data Scientist, UI/UX Designer, Digital Marketing Specialist, Software Developer, hingga Machine Learning Engineer.
Sejumlah solusi dan layanan kepada pelanggan juga dihasilkan dari inovasi inhouse project para talenta di Telkomsel, seperti layanan Telkomsel MSight dan produk prabayar digital By.U.
Untuk mewadahi semangat inovasi tersebut, Telkomsel menggelar Program Polaris Ideation yang membuka ide dari karyawan, yang nantinya difasilitasi mulai dari mentorship, bootcamp, pendanaan, hingga reward.
Untuk merayakan kemeriahan hari jadi ke-28 sekaligus mengapresiasi seluruh pelanggan setia, Telkomsel menghadirkan beragam program loyalitas pelanggan yang dapat diperoleh dengan menukarkan Telkomsel Poin.
Lewat program loyalitas ini pengguna bisa mendapat promo Kuota Hepi untuk mendapatkan ekstra data 28 GB, dan Promo Anniversary Flash Sale untuk mendapatkan diskon spesial di 33 mitra pilihan seperti McDonalds, KFC, Eatlah, Hoka Hoka Bento dan lainnya.
Ada juga Program Anniversary Give Away untuk mendapatkan pulsa senilai Rp 50 ribu. Untuk info lebih lanjut terkait seluruh program loyalitas tersebut dapat diakses melalui Aplikasi MyTelkomsel, akun Instagram @telkomselpoin dan @telkomsel.