Startup

3 Cara Bikin Video Transisi Agar Banjir View

  • 14 October 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: June Aye - Unsplash)

    Uzone.id - Anak kecil hingga orangtua sudah keranjingan bikin konten pendek yang memang sudah jadi tren di seluruh dunia. Namun membuat video pendek yang menarik punya tantangan tersendiri.

    Kamu harus memikirkan jenis konten yang menarik dan menghibur penonton sehingga akan mendapat keterikatan yang bai.

    Salah satu cara untuk menarik minat penonton dalam membuat video, salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan efek transisi, yaitu perpindahan dari satu scene ke scene lain dengan teknik pergerakan kamera yang unik.

    BACA JUGA: Subscribers YouTube Baim Wong Turun karena Kakek Suhud, Pendapatan Juga?

    Selain lebih asyik ditonton, pesan yang disampaikan pun akan menjadi lebih kuat jika transisi video dibuat secara tepat dan menarik. Berikut ini beberapa cara membuat video transisi dari konten kreator Aries Lukman, menurut SnackVideo.

    1. Transisi whip pan dengan gerakan kamera yang cepat

    Trik membuat efek transisi menarik yang pertama adalah menggunakan transisi whip pan atau biasa dikenal dengan sebutan 'panning nyabet'. Efek transisi yang satu ini biasanya melibatkan dua shots dalam satu video pendek.

    Untuk menjadikan efek transisi video kamu semakin menarik, kamu bisa gunakan teknik ini dengan membuat shot pertama berupa gerakan kamera secara cepat ke kiri atau ke kanan saat ingin melakukan transisi.

    Selanjutnya, shot kedua akan dimulai dengan menggerakkan kamera secara cepat sesuai dengan arah shot pertama. Gerakan kamera secara cepat tersebut dapat menghasilkan efek blur yang bisa dijadikan transisi menuju scene berikutnya.

    2. Transisi nutupin kamera untuk memberi ‘kejutan’ ke penonton

    Ada satu cara unik yang termasuk sebagai jurus membuat efek transisi menarik di konten video pendek kamu, yaitu dengan nutupin kamera. Efek transisi ini mampu memberi kesan ‘kejutan’ bagi penonton video nantinya.

    Setidaknya, ada dua shot yang harus dibuat dengan teknik satu ini. Shot pertama dilakukan sebelum efek transisi, caranya adalah dengan menutupi lensa kamera. Kamu bisa gunakan tangan, tas, kaos, buku atau benda apapun di sekitarmu.

    Efek transisi akan terlihat pada shot kedua yaitu saat kamu membuka penutup kamera tersebut dan menampilkan sesuatu yang berbeda dari scene sebelumnya.

    BACA JUGA: Harga Xiaomi Smart TV Turun Rp500 Ribu, Harga Ponsel Xiaomi Malah Naik

    3. Transisi numpang lewat dengan memanfaatkan area sekitarmu

    Efek transisi menarik di video pendek selanjutnya dapat kamu buat dengan menggunakan teknik numpang lewat. Sama seperti teknik sebelumnya, efek transisi ini juga melibatkan dua shot yang akan bikin video kamu semakin unik dan disukai penonton.

    Teknik ini diawali dengan membuat shot pertama berupa gerakan kamera melewati sesuatu sebelum melakukan transisi. Ingatlah untuk memastikan foreground atau latar depannya dekat dengan lensa. Kemudian dilanjutkan dengan shot kedua yaitu menggerakan kamera dari sesuatu yang gelap memasuki scene berikutnya.

    Nah, selamat mencoba ya!