icon-category Digilife

3 Cara Maksimalkan Fitur Google untuk Rayakan Ulang Tahun Jakarta

  • 22 Jun 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Ulang tahun Jakarta selalu jadi yang ditunggu-tunggu oleh warga ibukota setiap tahunnya. Tak hanya merayakan hari jadi kota kelahiran, ada banyak acara yang biasanya hadir untuk memeriahkan momen satu tahun sekali ini.

Salah satunya ada Pekan Raya Jakarta yang kembali digelar setelah 3 tahun lalu ditiadakan karena pandemi, ada juga promo hanya bayar Rp1 saja untuk transportasi umum seperti MRT, Trans Jakarta, dan LRT khusus 22 Juni 2023.

Nah, untuk memaksimalkan momen ulang tahun DKI Jakarta ini, kalian bisa memanfaatkan beberapa fitur dan layanan Google di bawah ini.

Cek rute angkutan umum pakai Google Maps

Selain memeriksa peta, Google Maps juga bisa dugunakan untuk mengecek jadwal dan transportasi umum yang bisa digunakan dari lokasi kita berada saat ini ke tempat tujuan.

Caranya mudah kok, buka aplikasi Google Maps, kemudian tentukan lokasi tujuan, dan pilih jenis kendaraan (transportasi umum). Kalian akan mendapat cara paling mudah sampai ke tujuan menggunakan Transjakarta, KRL, MRT, atau LRT.

Cek jam sibuk lewat Google Search

Selain cari informasi soal tempat tujuan, Google Search juga menyediakan informasi soal jam-jam ramai di tempat yang hendak kalian kunjungi.

Makanya, agar rencana perjalanan semakin lancar, kalian bisa mencari jam sibuk lokasi yang ingin kita kunjungi. 

Caranya, lewat perangkat PC atau laptop, kalian bisa ketik lokasi tujuan di Google Search.

Lalu, akan muncul keterangan lebih lanjut di layar sebelah kanan dan kalian bisa mencari tahu mengenai informasi jam sibuk suatu lokasi di kolom tersebut.

Belajar sejarah Jakarta lewat Google Arts & Culture

Jika kalian ingin mengetahui sejarah Jakarta namun terhalang waktu dan tempat, Google kini menghadirkan Google Arts and Culture.

Lewat layanan Google yang satu ini ini, kalian bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah secara virtual. 

Caranya kalian hanya perlu mendownload aplikasi Google Arts & Culture di App Store, kemudian ketik di pencariannya bangunan bersejarah atau lokasi museum yang ingin kalian ketahui.

Nah, itu tadi 3 cara memaksimalkan fitur dan layanan Google untuk merayakan ulang tahun Jakarta yang ke-495. Sekali lagi, Selamat ulang tahun, Jakarta!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini