home ×
Gadget

3 Cara Reset iPad, Mulai dari Soft sampai Hard

23 July 2020 By
3 Cara Reset iPad, Mulai dari Soft sampai Hard
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Cara reset iPad ternyata hampir sama dengan semua perangkat yang ada. Apalagi proses reset merupakan salah satu cara mudah untuk memperbaiki iPad yang kadang melambat kinerjanya, atau salah pengaturan sistem.

Apple memberikan tiga cara mudah untuk melakukan reset iPad, mulai dari soft reset, force restart sampai factory reset. Dua cara pertama tidak akan membuat data-data di dalam perangkat menghilang, namun cara terakhir dipastikan akan membuat perangkat menjadi baru kembali.

Soft Reset

Cara ini bisa dilakukan jika iPad dirasakan memiliki kinerja yang lambat seperti biasanya, mulai dari membuka aplikasi tertentu atau saat bermain game tidak terlalu responsif. Cara ini hanya membutuhkan penekanan tombol on/off saja. Tidak akan ada data atau pengaturan yang berubah atau hilang ketika soft reset dilakukan.

  • Tekan tombol Power sampai muncul ikon slider di layar. Sebagian besar iPad akan memunculkan slider di bagian atas, sedangkan untuk iPad versi lama, muncul di samping.
  • Geser slider dari kiri ke kanan sampai layar mati. Ketika tak lagi menyala, tekan tombol Power lagi untuk menghidupkan layar kembali.

Force Restart

Proses reset ini bisa juga disebut hard reset. Ini bisa dilakukan jika layar iPad tiba-tiba tak merespons sentuhan atau tiba-tiba ngelag. Cara ini juga bisa dilakukan jika soft reset yang kamu lakukan tidak berhasil membangkitkan layar.

  • Tekan tombol Power dan Home secara bersamaan dalam waktu yang lama, sampai layar mati kemudian memunculkan perintah Reboot. Jika muncul logo Apple, lepas tekanan jari di kedua tombol itu.

Jangan lupa, ada beberapa versi iPad yang tidak memiliki tombol Home, seperti iPad keluaran 2020. Maka yang harus kamu lakukan adalah,

  • Tekan dan lepas dengan cepat tombol Volume Up
  • Tekan dan lepas dengan cepat tombol Volume Down
  • Kemudian Tekan dan tahan tombol Power sampai perangkat me-restart sendiri.

Factory Reset

Kemampuan reset ini ada di hampir semua perangkat. Tujuannya untuk mengembalikan pengaturan perangkat seperti saat awal dibeli. Perlu diingat jika Factory Reset akan menghapus semua data file dan pengaturan yang ada di iPad sehingga ada baiknya jika kamu mem-backup data-data di dalamnya terlebih dahulu.

  • Masuk ke Settings - General - Reset and Tap - Erase All Content and Settings.
  • Sentuh Erase iPad dan lakukan konfirmasi
  • Jika sudah selesai maka layar akan menampilkan proses seperti pertama kali iPad baru dibeli. Di sini kita bisa memilih untuk mengembalikan file dan data yang sudah di back-up atau membuat perangkat seperti baru sedia kala.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rifki Saputra 23 July 2020 | 22:50:03

bagus perkembangan semakim pesat

oki puntoro 23 July 2020 | 17:09:19

mulai dari soft sampai hardnya yah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id