home ×
Digilife

3 Fitur Baru WhatsApp Business di New Normal, Pengusaha Wajib Tahu

11 July 2020 By
3 Fitur Baru WhatsApp Business di New Normal, Pengusaha Wajib Tahu
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Uzone.id - Dalam era kenormalan baru, pelaku usaha dipandang memerlukan cara sederhana untuk berinteraksi, sekedar untuk bertanya, mendapatkan informasi, atau mencari sesuatu yang mungkin ingin mereka beli.

Karena itu, WhatsApp meluncurkan beberapa fitur untuk mempermudah pengguna memulai chat dengan akun bisnis di WhatsApp.

“Hari ini kami memperkenalkan fitur-fitur baru untuk membantu lebih dari 50 juta pengguna WhatsApp Business dan ribuan usaha makro pengguna WhatsApp Business API,” tulis WhatsApp dalam pernyataan resminya kepada Uzone.id.

Berikut beberapa fitur baru di WhatsApp Business yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha di era kenormalan baru.

Mulai chat dengan akun bisnis pakai kode QR

Kode QR adalah pintu masuk daring bagi pelanggan untuk semudah mungkin memulai chat dengan sebuah bisnis.

Sebelumnya, ketika pengguna menemukan akun bisnis yang menarik, mereka harus menambahkan akun WhatsApp bisnis tersebut sebagai kontak dengan mengetik nomor telepon satu per satu secara manual.

Baca juga: Tokopedia, Spotify dkk Crash di Perangkat iOS, Apa Penyebabnya?

Sekarang, pengguna cukup memindai kode QR yang ada di etalase toko, kemasan produk, atau struk belanja untuk memulai chat dengan sebuah bisnis.

WhatsApp telah menguji fitur kode QR dengan salah satu bisnis di Indonesia, Storage King Bali. Selanjutnya, perusahaan unit penyimpanan yang berlokasi di Bali ini, akan memasang kode QR di poster, kantor, situs bisnis, dan seluruh platform media sosialnya.

(Foto: Dok. WhatsApp)

Setelah memindai kode QR, pelanggan akan langsung diarahkan ke halaman chat, baik kosong maupun telah berisi pesan otomatis yang telah disiapkan oleh bisnis tersebut (opsional).

Fitur pesan otomatis ini dapat diatur untuk memudahkan pelanggan memulai percakapan. Selain itu, pesan otomatis, admin akun bisnis juga bisa mengatur pengiriman katalog sebagai salah satu bentuk respons kepada pelanggan.

Berbagi katalog

Katalog memungkinkan bisnis untuk menampilkan dan membagikan informasi produk atau layanan mereka, yang dapat membantu meningkatkan penjualan.

Sejak diluncurkan tahun lalu, katalog telah menjadi salah satu cara yang paling disukai oleh pengguna WhatsApp Business untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Faktanya, setiap bulan ada lebih dari 40 juta pengguna di dunia melihat katalog bisnis melalui WhatsApp.

Untuk mempermudah pengguna menemukan produk dari suatu bisnis, pengguna WhatsApp Business kini bisa membuat tautan untuk seluruh katalognya maupun per produk.

Baca juga: Pembocor Data Denny Siregar Ditangkap, Ternyata Karyawan Outsourcing

Tautan ini dapat dibagikan di situs bisnis, Facebook, Instagram, dan media lainnya. Sehingga, jika ada pelanggan yang ingin membagikan katalog atau suatu produk bisnis dengan teman atau keluarga, mereka cukup menyalin tautan tersebut lalu mengirimnya di WhatsApp atau media lainnya.

Paket stiker ‘Bisnis Kami Buka’

WhatsApp juga meluncurkan paket stiker 'Bisnis Kami Buka' untuk membantu komunikasi antara pemilik bisnis dan pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat.

Berikut ada beberapa paket stiker animasi pertama kami dan telah tersedia untuk lebih dari dua miliar pengguna kami di seluruh dunia, serta 50 juta pengguna aplikasi WhatsApp Business.

Paket stiker 'Bisnis Kami Buka' adalah koleksi unik yang menampilkan desain baru rancangan tim desainer WhatsApp dan koleksi stiker khusus untuk pengguna Indonesia karya dua seniman lokal asal Yogyakarta, TEMPA.

(Foto: Dok. WhatsApp)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Tio Aril 11 July 2020 | 11:48:48

whatsapp semakin bagus aja hari demi hari mempermudah penggunanya

Udin Petok 11 July 2020 | 10:51:49

wah canggih sekali

oki puntoro 11 July 2020 | 09:26:01

wajib tahu begimana emangnya itu yah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article