home ×
Gadget

3 Hal yang Diharapkan Hadir di WWDC Apple 2021

02 June 2021 By
3 Hal yang Diharapkan Hadir di WWDC Apple 2021
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Sebentar lagi acara tahunan Apple yaitu Worldwide Developers Conference (WWDC) akan segera digelar secara virtual pada 7-11 Juni 2021. Menjelang acara, sudah mulai bermunculan prediksi apa saja yang akan memeriahkan WWDC tahun ini.

Apple dipercaya akan mendebutkan beberapa perangkat dan sistem operasi baru, tapi jangan langsung berharap semua keinginan para Apple fans dapat terwujud, karena bisa saja perusahaan justru mencoret beberapa produk sehingga tidak hadir di WWDC 2021.

Tahun ini merupakan tahun kedua transisi chipset menjadi Apple Silicon, sehingga banyak pihak mengharapkan Apple membahas dan merilis apa saja yang telah 'hilang' dari jajaran produk Mac.

Baca juga: Apple Masih Betah Kuasai Pasar Smartwatch Dunia

Banyak pihak juga mengharapkan Apple merilis MacBook Pro baru, penerus prosesor M1, serta iMac 27 inch. Semua perangkat ini telah dibocorkan, dijanjikan dan bahkan secara tak langsung telah dikonfirmasi.

Berikut beberapa rumor yang sekiranya akan hadir dalam acara Apple WWDC 2021.

Update OS untuk macOS, iOS, iPadOS
Rasanya baru kemarin macOS Big Sur dirilis dan OS X akhirnya berakhir, tapi pada 7 juni mendatang Big Sur juga akan menjadi sebuah sejarah meski masih akan berjalan untuk beberapa bulan setelahnya.

Big Sur sendiri adalah pembaharuan yang cukup besar, berhasil melepaskan diri dari OS X serta memfasilitasi chip Apple Silicon. Sementara itu, untuk penggantinya sendiri masih tidak diketahui, jadi kecil kemungkinannya ini akan jadi perubahan yang signifikan.

Ilustrasi iPad/Unsplash

Yang sudah diketahui, sistem ini akan bernama macOS 12. Belum ada indikasi lokasi California apa yang akan disematkan sebagai nama dari OS ini tapi dokumentasi WebKit mengatakan Apple bisa jadi hanya menggunakan nomor saja.

Sistem operasi iPhone dan iPad selanjutnya dinamakan iOS 15 dan iPadOS 15. Dikutip dari Apple Insider, Apple merujuk update kedua sistem ini dengan nama "Sky".

Pembaruan dalam OS ini mencakup beberapa perbaikan pada layar kunci, hingga rumor ikon aplikasi iOS 15 yang akan mendapat tampilan baru. Perubahan iOS 15 juga akan terjadi di iPadOS, meski sekarang telah resmi menjadi sistem yang berbeda. 

Apple juga sudah membocorkan bahwa mereka telah meningkatkan fitur aksesibilitas meski belum ditentukan kapan dan apa saja yang ditambahkan pada perangkat iOS.

Peningkatan OS pada Apple Watch dan Apple TV
Bersamaan dengan macOS 12, iOS 15 dan iPadOS 15, Apple juga akan merilis WatchOS 8 dan tvOS 15.

Tiap tahunnya, watchOS selalu melangkah lebih jauh dari Apple Watch yang membutuhkan iOS dari iPhone. watchOS juga selalu mendapatkan tampilan jam baru.

Sayangnya, Apple kemungkinan besar tak akan mengungkapkan perubahan hardware apapun pada Apple Watch di WWDC 2021 ini. Pengumuman ini biasanya akan disimpan untuk peluncuran model terbaru pada September mendatang.

Baca juga: Lho, Apple Bakal Lemahkan Privasi Pengguna di China?

Sejauh ini, minimal ada konfirmasi mengenai model Apple Watch apa saja yang akan mendukung watchOS 8 -- kabarnya tidak akan mendukung Watch seri 0, 1, dan 2, OS ini juga mungkin tak mendukung Apple Watch seri 3.

Mengenai Apple TV sendiri, saat ini Apple hanya menjual dua perangkat yaitu Apple TV HD dan Apple TV 4K. Jadi, tak ada kemungkinan kalau iOS 15 akan menghentikan dukungan pada model-model lama.

Model Mac baru
Jika ada prosesor Apple Silicon terbaru yang dipamerkan, maka ini akan ditampilkan pada Mac terbaru mereka. Desas-desus mengatakan kalau Silicon akan muncul pada MacBook Pro 13 yang telah diubah, khususnya akan menjadi MacBook Pro 14 baru.

Rumor lainnya juga mengklaim bahwa akan ada MacBook Pro 16 inci terbaru dan akan menjadi versi Apple Silicon pertama pada model tersebut.

Selain rumor tentang ini, ada pula kabar jika Apple akan memperbarui salah satu dari dua perangkat mereka yaitu MacBook Air baru dan Mac mini baru.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id