icon-category Telco

3 Indonesia Prediksi Lonjakan Trafik Data 30 Persen Jelang Natal dan Tahun Baru 2021

  • 23 Dec 2020 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Operator telekomunikasi 3 Indonesia atau Hutchison Indonesia memperkirakan akan adanya kenaikan trafik data di jaringannya sebesar 30 persen dibanding tahun lalu. Hal ini dikarenakan tingginya aktivitas online di tengah pandemi saat ini.

Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, 3 Indonesia mengaku telah mengoptimalkan seluruh elemen jaringan dan infrastrukturnya untuk mendukung layanan internet dan telekomunikasi. Wilayah yang akan dioptimalkan di antaranya adalah ratusan Points of Interest (POI) di kawasan pemukiman dan titik keramaian.

"Kami juga menyediakan sejumlah Cell of Wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang, seperti Rest Area Kendal 1 (Km 360), Rest Area Kendal 2 (Km 379), dan Rest Area Saradan (Km 626). Melalui optimalisasi ini, kami harap para pelanggan dapat menikmati berbagai hiburan digital dan tetap terhubung secara virtual dengan keluarga serta orang yang mereka cintai tanpa kendala," ujar Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia, dalam keterangan resminya, kemarin.

Baca juga: Daya Pikat Perusahaan Digital RI yang Tak Pernah Luntur Meski Pandemi

3 Indonesia juga memprediksi akan ada kenaikan trafik data pada layanan mobile game, aplikasi instant messaging serta media sosial. Pada tahun 2019, 3 Indonesia mencatat ada lima aplikasi dengan peningkatan penggunaan yang signifikan. Kelima aplikasi tersebut antara lain aplikasi mobile game Free Fire (45 persen), WhatsApp (40 persen), PUBG (38 persen), Twitter (34 persen), dan TikTok (23 persen).

Sepanjang tahun 2020 ini, 3 Indonesia terus memperluas jangkauan jaringannya dengan menambahkan lebih dari 6.000 BTS 4.5G Pro baru di seluruh Indonesia. Ribuan BTS tersebut menambah jangkauan untuk 15 juta penduduk dari total populasi, termasuk penduduk yang tinggal di beberapa daerah terpencil seperti Pulau Bintan, Mandalika, Morowali dan Konawe di mana akses komunikasi seluler masih sangat terbatas.

Baca juga: Moorisa Tjokro, Gadis Asal RI di Balik Mobil Autopilot Tesla

“Kami mengucapkan selamat liburan natal dan tahun baru untuk seluruh pelanggan 3 Indonesia meski di tengah pandemi. Kami harap seluruh pelanggan dapat menikmati momen liburan akhir tahun, bersilaturahmi secara online, dan menikmati berbagai konten serta layanan digital didukung jaringan 4.5G Pro kami yang lebih luas dan kuat. Komitmen kami adalah selalu memastikan untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami kapan pun, di mana pun,” tutup Desmond.

Hingga akhir tahun 2020, 3 Indonesia telah memiliki jaringan yang lebih luas dan kuat dengan 44.000 BTS 4.5G Pro yang sudah hadir di lebih dari 37.000 desa menjangkau lebih dari 200 juta populasi di seluruh Indonesia. Pemerataan pembangunan infrastruktur dan telekomunikasi yang dilakukan oleh 3 Indonesia bertujuan untuk memastikan setiap pelanggan 3 di seluruh Indonesia memiliki peluang yang sama untuk mengakses jaringan telekomunikasi, media sosial, aplikasi instant messaging, layanan streaming film, aplikasi game, maupun aplikasi digital lainnya tanpa kendala.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini