Startup

3 Kota Ini Catatkan Pertumbuhan UMKM Paling Tinggi di Tokopedia

  • 15 January 2022
  • Bagikan :
    3 Kota Ini Catatkan Pertumbuhan UMKM Paling Tinggi di Tokopedia Foto: Dok. Tokopedia

    Uzone.id - UMKM lokal terus mengalami peningkatan dan pertumbuhan dari waktu ke waktu. Terlebih saat ini, UMKM semakin giat menggunakan platform digital sebagai tempat usaha mereka.

    Di Tokopedia, 3 kota dengan peningkatan jumlah UMKM tertinggi adalah Denpasar, Makassar dan juga Palembang.

    Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengungkapkan bahwa, “Denpasar, Makassar dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020.”

    Baca juga: 5 Fitur Foto Portrait di OPPO Reno

    Di Denpasar, transaksi rata-rata UMKM melonjak hingga 1,5 kali lipat. Hal ini didorong oleh beberapa kategori paling laris selama 2021, termasuk Kecantikan, Makanan dan Minuman, Kesehatan dan Perawatan Diri.

    Hal ini tak terlepas dari kampanye yang giat dilakukan oleh Tokopedia. Salah satu UMKM asal Badung, Léollé Bali perlahan mengalami kenaikan omset hingga 70 persen dari omzet sebelum masa pandemi.

    UMKM di Makassar juga mencatat peningkatan transaksi hingga 2 kali lipat. Kategori Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, serta Kecantikan menjadi yang paling digandrungi pada masa 2021.

    UMKM Roemah Sajoer Makassar mengalami peningkatan hingga 8 kali lipat selama 2021. Ia mengatakan bahwa platform digital seperti Tokopedia membuat jangkauan ke seluruh Indonesia lebih efisien.

    Baca juga: Kampanye HyperLocal Tokopedia Raih Innovative e-Commerce Campaign Award

    Di Palembang, transaksi UMKM meningkat hingga 3 kali lipat. Kategori yang paling laris selama 2021 adalah Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, serta Fesyen. 

    Pempek Cek Dung mengalami peningkatan keuntungan hingga puluhan juta selama bergabung di Tokopedia pada pertengahan masa pandemi. 

    Tokopedia memang tidak pernah absen melakukan berbagai kampanye dan program khusus untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM lokal di platformnya. Beberapa inisiatif seperti Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan berbagai pelatihan pun diselenggarakan untuk menyokong perkembangan UMKM di Indonesia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini