icon-category Auto

3 Motor Baru Terburuk 2018 Versi Uzone.id, Dari Suzuki Nex II Sampai Honda Supra GTR

  • 29 Dec 2018 WIB
  • Bagikan :

    Foto: dok. Suzuki

    Uzone.id - Sehabis baca artikel ini, kami berharap kalian jadi semakin gak ragu untuk gak memilih salah satu dari tiga motor yang kami anggap terburuk di tahun 2018 ini.

    Ditengah banyaknya gelontoran motor-motor baru yang dihadirkan berbagai pabrikan, pastinya ada aja beberapa model yang dianggap buruk. Buruk disini barangkali bukan soal kualitas, tapi bisa juga menjurus pada desain, sampai segmentasinya yang gak jelas.

    Penilaian yang kami lakukan berdasarkan unsur kebaruannya, desain, fitur sampai harga jual, yang dikombinasikan dengan tentu saja penilaian subjektif.

    Hasilnya, kami memilih tiga motor baru terburuk yang diluncurkan sepanjang tahun 2018 ini. Apa saja? Ini daftarnya:

     

    Yamaha FreeGO, Ketika Yamaha Kehabisan Akal Mengejar Matik Honda

    Foto: Uzone.id

    Gak berbeda dengan Suzuki Nex II, pilihan Yamaha meluncurkan FreeGO ke tengah pasar juga sangat dipertanyakan. Buat apa sih?

    Desainnya biasa saja, malah cenderung gak jelas dan lebih menjurus pada Yamaha Mio Soul GT tapi lebih lembut. Kapasitas mesinnya pun sama.

    Kalau Yamaha Lexi jelas-jelas diposisikan sebagai matik Maxi Yamaha, menemani N-Max, X-Max dan T-Max, lha Yamaha FreeGO mau ditaruh dimana?

    Memang, fitur-fiturnya kekinian, kalau terlalu naif dibilang lengkap, namun dengan sodoran fitur-fitur tersebut, membuat harga jualnya nyerempet Yamaha Lexi, sehingga bikin orang bingung, mau beli Lexi atau FreeGO, dengan perbedaan yang sulit dibedakan.

    Karenanya, agar Yamaha tidak semakin salah arah kedepannya, kami menobatkan Yamaha FreeGO sebagai motor terburuk yang diluncurkan tahun 2018 ini.

     

    Honda Supra GTR 150, Motor Paling Gak Jelas yang Masih Dipertahankan

    Foto: dok. Honda

    Harusnya, saat segmen motor bebek semakin tenggelam, Honda mematikan saja Supra GTR 150 ini. Karena gak jelas juntrunganya.

    Nama Supra sudah identik dengan motor bebek, dan sama sekali gak pernah menjurus pada sport, kecuali Toyota Supra yang mobil Sport.

    Namun, gak selamanya kawin silang itu menghasilkan produk yang baik dan unik. Honda Supra GTR 150 ini contoh kegagalanya.

    Hasil kawin silang antar Toyota Supra dan Nissan GTR, eh maksudnya hasil kawin silang antara motor sport dan bebek sebenarnya menjadikan Supra GTR unik sebagai sebuah motor, tapi eranya sudah berakhir.

    Dan langkah Honda meluncurkan versi penyegaran dengan penambahan warna dan striping pun sepertinya jadi sia-sia.

    Dengan semua ketidak jelasan itu, rasanya kami gak ragu untuk menjadikan motor kawin silang ini sebagai motor paling gak jelas alilas terburuk di tahun 2018 ini.

     

    Suzuki Nex II, Sudah Jelas Gak Bisa Bersaing, Tapi Masih Maksa

    Foto: dok. Suzuki

    Beda dengan era 1990an dan tahun 2000an, sekarang-sekarang ini, Suzuki boleh dibilang semakin ketinggalan di Indonesia.

    Jangankan untuk bersaing, untuk mengejar ketertinggalan dengan dua raksasa Honda dan Yamaha saja rasanya sulit, dan terjadi hampir di semua segmen, tak terkecuali skutik kelas bawah.

    Suzuki Nex II misalnya. Yang kami tangkap, skutik ini layaknya motor pabrikan China, karena hanya mengandalkan harga murahnya aja.

    Tapi ya itu tadi, ditengah dominasi Honda BeAT dan kemapanan nama besar Yamaha Mio, seekor Nex II rasanya sangat-sangat sulit untuk dilirik, apalagi bersaing.

    Namun, Suzuki seolah keukeuh untuk tetap menghadirkannya ke pasaran. Desainnya mainstream, fitur-fiturnya pun gak ada yang istimewa, so inilah dia salah satu dari tiga motor terburuk 2018 pilihan kami.

    Baca juga: 5 Mobil Baru Terburuk Pilihan Uzone.id

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini