home ×
Digilife

3 Syarat Kamu Bisa Dapat Kartu Prakerja

12 April 2020 By
3 Syarat Kamu Bisa Dapat Kartu Prakerja
Share
Share
Share

Ilustrasi (Unsplash / Mimi Thian)

Uzone.id - Tidak semua orang bisa mendapat Kartu Prakerja yang telah resmi dibuka pendaftarannya lewat online, terhitung mulai 11 April hingga ditutup 16 April 2020 pukul 16.00 WIB.

Gelombang pertama itu akan menjaring 164 ribu orang. Lalu, apa saja syarat agar bisa mendapat Kartu Prakerja?

Melihat situs resmi prakerja.go.id, ada tiga syarat bagi kamu yang ingin mendapat Kartu Prakerja, yakni:

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia di atas 18 tahun

3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Setelah tiga syarat itu terpenuhi, kamu ikuti langkah kedua, menjalani Tes Motivasi dan Matematika Dasar. Tes tersebut bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki.

Langkah ketiga, pilih pelatihan yang Kamu Inginkan. Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Bagi kamu gagal saat seleksi pertama, jangan berkecil hati karena kamu masih punya kesempatan mendapat Kartu Prakerja di gelombang kedua dan seterusnya. Kamu juga tak perlu lagi ikuti proses dari awal.

Jadi, kalau kamu sudah penuhi tiga syarat di atas, maka kamu bisa pelajari cara membuat Kartu Prakerja dengan klik tautan Begini Cara Daftar Kartu Prakerja via Online.  

Pemerintah memberikan bantuan berupa pelatihan dan insentif yang diterima oleh pemegang Kartu Prakerja sebesar Rp 3.550.000.

Rinciannya, bantuan uang itu terdiri dari pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.

Selain itu, ada insentif survei ketenagakerjaan sebesar Rp 50 ribu per survei untuk tiga kali survei atau total Rp 150 ribu per peserta.

Untuk informasi Kartu PraKerja, pemerintah menyediakan pusat bantuan di (021) 25541246 yang beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB, atau e-mail info@prakerja.go.id.

 

Kerjasama Kartu Prakerja dan Pijarmahir.id

Pijarmahir.id merupakan mitra resmi Kartu Prakerja - program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi - yang dirintis pemerintah Indonesia.

Bicara lebih jauh soal Pijarmahir.id, ini merupakan platform pembelajaran dan sertifikasi secara digital yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam meningkatkan keahlian dan kompetensinya serta sesuai dengan kebutuhan Industri pada saat ini maupun mendatang.

Kalian dapat melakukan pembelajaran dengan mudah baik secara online maupun offline melalui platform ini. Untuk mendaftar Pijarmahir.id, kamu bisa klik tautan Ini Tutorial Gabung dengan Pijarmahir.id untuk Pemilik Kartu Prakerja.

Menariknya, Pijarmahir.id. menyediakan asistensi melalui WhatsApp di 0813-8916-9391 untuk memudahkan kalian mengakses seluruh layanan. Ada petugas di balik WhatsApp Business Pijar mahir yang siap menjawab pertanyaan kalian selama 24 jam.

====

Pijarmahir.id merupakan layanan pembelajaran digital yang menyediakan pelatihan bersertifikasi. Pijarmahir.id juga menyediakan asistensi melalui channel WhatsApp di 0813-8916-9391 untuk memudahkan kalian mengakses seluruh layanannya.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

11 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Meri 14 July 2020 | 18:47:12

agak susah juga bersaing dengan sekian banyak orang di indonesia

DimasHardstyle 17 April 2020 | 07:55:15

ternyata ada syarat syarat untuk membuat kartu prakerja. dan semoga bermanfaat banget

DHStyle 15 April 2020 | 04:16:04

bermanfaat sekali kartu prakerja ini ya mnatap

Elias Teno 14 April 2020 | 07:47:31

pemerentah sekarang luarbiasa denga adanya kartu prakerja ini masyarakat sangat terbantu, mari kita mendukung terus program pemerintah dengan membeeikan suport.

Jihan Musofa 13 April 2020 | 20:02:55

Semoga bisa membantu yahh kartu ini

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article