Auto

3 Tips Aman Touring untuk Pemula

  • 24 September 2021
  • Bagikan :

    Uzone.id - Bepergian dengan transportasi publik sudah jadi hal biasa, namun bagaimana dengan bepergian dengan kendaraan sendiri, terlebih menggunakan motor untuk tempat tujuan yang jauh?

    Tidak hanya motor yang perlu dipersiapkan, tapi ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan apabila hendak touring ke tempat yang jauh.

    Donny Hendaris, President Royal Riders Indonesia, berbagi beberapa tips aman untuk pemula pada Uzone Talks: Stigma Negatif Geng Motor hari Kamis, (23/09).

    Baca juga: Beda Geng Motor dengan Komunitas Motor

    Pertama adalah ketahui kemampuan pribadi dan kemampuan motor yang dikendarai. Kenali kemampuan mengendarai motor kalian baik-baik. Jangan paksa diri untuk memenuhi target tiba di kota X dalam kurun waktu tertentu.  Apabila tidak terbiasa riding hingga malam hari, tidak ada salahnya apabila singgah dahulu dan melanjutkan perjalanan esok harinya. 

    Untuk barang bawaan, simpan dengan baik dan atur kapasitasnya agar tidak terlalu membebani motor kalian. Kemudian jangan lupa untuk jaga pola makan selama perjalanan, pilihlah makanan yang sehat dan sesuai diet.

    Tips kedua adalah dengan berhenti di tengah perjalanan setiap 2 jam sekali. Tidak masalah walau cuman untuk 5 atau 10 menit. “Turun dari motor untuk meregangkan badan itu penting”, ujar Donny. Setelah jeda sebentar, kalian dapat kembali melanjutkan perjalanan. 

    Baca juga: Cara Gampang Merawat Ban Motor Biar Awet

    Tips ketiga yang sangat Donny rekomendasikan adalah untuk bergabung dengan komunitas atau klub touring. Komunitas atau klub pasti punya info lebih mengenai rute perjalanan, tempat penginapan, dll.

    “Kamu bisa tau atau meniru riders lain saat mereka berkendara. Pelajari cara mereka touring. Belajar dimana saja harus ngebut, dimana saja ada obstacle”, ujar Donny. 

    Hal yang juga tidak kalah penting adalah untuk bersenang-senang selama touring. Dengan perasaan happy maka pengalaman touring kamu akan menjadi lebih mudah untuk dinikmati dan berkesan. Sudah siap berkendara?