icon-category Digilife

3 Tips Hemat Daya Baterai saat Bermain Instagram

  • 09 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Saat menggunakan ponsel, platform sosial media akan selalu menjadi pilihan untuk dibuka dan dimainkan. Sayangnya, bermain sosial media terlalu lama akan menguras baterai ponsel secara cepat, apalagi sosial media seperti Instagram yang memuat banyak gambar dan video.

    Untuk mengurangi penggunaan baterai saat menggunakan Instagram, ada beberapa tips yang bisa kalian coba. Berikut diantaranya

    Ganti ke Dark Mode

    Fitur mode gelap di Instagram ternyata bisa menghemat konsumsi daya baterai ponsel. Dark mode dapat meminimalisir penggunaan cahaya saat digunakan. Warna yang dominan cerah di platform Instagram akan berubah menjadi hitam pada tampilannya.

    Selain menghemat daya, dark mode juga dapat mengurangi efek silau pada mata agar tak mudah lelah dan perih. Menghemat daya dengan cara ini akan cukup efektif bagi ponsel yang memiliki layar AMOLED dimana piksel sepenuhnya dimatikan.

    Gunakan mode penghemat daya

    Dengan mode ini, kalian masih bisa men-scroll timeline, memuat gambar video seperti biasanya. Tapi fitur ini akan mencegah video diputar secara otomatis, kalian hanya akan memutar video yang ingin kalian putar saja.

    Ini mungkin takkan memberikan efek yang cukup besar, tapi secara teratur baterai akan cukup awet daripada biasanya.

    Untuk mendapat fitur ini, kalian bisa membuka menu di kanan atas tampilan Instagram, lalu klik Pengaturan, masuk ke Akun lalu pilih ‘Penggunaan data seluler’ dan aktifkan ‘Penghemat data’.

    Matikan Notifikasi Instagram

    Setelah membuka aplikasi Instagram, kalian biasanya masih mendapat notifikasi masuk dari akun kalian atau orang yang kalian follow. Notifikasi yang terus bermunculan ini ternyata memberikan pengaruh pada penggunaan daya baterai ponsel.

    Hal ini disebabkan karena Instagram terus melakukan pembaruan status dan berjalan di latar belakang, menyebabkan penggunaan daya terus berjalan dan cepat habis.

    Nah, untuk mematikannya kalian bisa menghentikan secara sementara notifikasi di Instagram. Caranya, buka profil kalian yang ada di kanan bawah layar, klik ikon tiga baris di atas kanan, klik Aktivitas Anda, kemudian pilih Waktu lalu klik Pengaturan Notifikasi.

    Setelah itu kalian bisa mengaktifkan tombol ‘Jeda Semua’ dan pilih waktu untuk menghentikan notifikasi tersebut. Kalian bisa menjeda hingga 8 jam ke depan dan setelah itu notifikasi akan muncul kembali.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini