icon-category Digilife

3 Tips Kelola Keuangan, Biar Gak Kebablasan Belanja Online Terus

  • 08 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: rupixen.com/Unsplash

    Uzone.id - Biasanya, awal bulan selalu jadi tanggal-tanggal yang dinanti banyak orang, selain gajian, awal bulan juga jadi tanggal-tanggal dimana wishlist akhirnya bisa dibeli.

    Sayangnya, resiko lapar mata juga makin tinggi. Beres satu wishlist, muncul wishlist lainnya yang bikin dompet ketar-ketir. Kalau gak bisa mengelola dengan baik, resikonya bisa bikin uang habis sebelum gajian selanjutnya. 

    Nah, maka dari itu, penting banget buat kita untuk sadar diri dan paham resiko mengelola keuangan. Caranya? Yuk simak 3 strategi mengelola keuangan berikut ini.

    Pertama, tentukan prioritasmu sesegera mungkin

    Belajar dari pengalaman di bulan-bulan sebelumnya, kalian akan sedikit terarah untuk mengalokasikan keuangan. Selain itu, penting juga bagi kalian untuk menentukan skala prioritas.

    Baca juga: Apple Pay Later Dirilis, Fanboy Indonesia Harus Tahan Hasrat ‘Ngutang’ Dulu

    Oleh karena itu, tentukan mana saja barang yang penting dan kamu butuhin. Jangan sampai hanya menghabiskan uangmu untuk kesenangan semata.

    Kedua, jangan lupa Siapkan dana darurat

    Sebelum uang kalian terlanjur habis, jangan lupa untuk memisahkan pendapatan kalian untuk  keperluan-keperluan yang tak terduga. Ini bakal membantu kalian jika di lain hari ada kebutuhan yang mendesak.

    Ketiga, manfaatkan untuk bikin bisnis baru

    Salah satu cara ampuh untuk mendapat pendapatan baru, kalian bisa menggunakan uang kalian untuk berbisnis.

    Lagi pula, sekarang gampang banget melihat peluang bisnis yang ada. Banyak ide bisnis yang kini mudah kamu manfaatkan. Salah satunya dengan menjadi penjual pulsa, token listrik dan layanan PPOB lainnya. 

    Baca juga:  Daftar Gadget yang Kebagian iPadOS 16

    Sebagai salah satu platform digital untuk UMKM, SooltanPay bisa jadi partner bisnis kalian, apalagi bisnis pulsa dan e-wallet kalian. Cukup dengan smartphone dan juga aplikasi SooltanPay, transaksi usaha kalian sudah langsung terproses. Untuk mendapatkan aplikasi ini, kalian bisa klik link SooltanPay disini.

    Uang hasil bisnis kalian pun bisa dialokasikan dengan benar dan ke tempat yang tepat, bahkan keuntungannya pun bisa berlipat ganda.

    Nah, itu dia 3 strategi ampuh untuk mengelola keuangan kalian biar kebablasan di awal bulan dan gak boncos di akhir bulan.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini