Digilife

30 April 2022: Hitung Mundur Kematian Siaran TV Analog

  • 12 January 2022
  • Bagikan :
    30 April 2022: Hitung Mundur Kematian Siaran TV Analog Ilustrasi foto: Aleks Dorohovich/Unsplash

    Uzone.id - Terhitung mulai 30 April 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan penataan atau farming dan refarming spektrum frekuensi melalui program migrasi TV analog ke digital atau ASO (Analog Switch Off).

    Dalam program ASO ini, Kominfo akan menggantikan siaran TV analog menjadi siaran TV digital yang lebih canggih, modern dan memiliki kualitas yang lebih baik.

    Siaran TV analog yang telah mengudara lebih dari 50 tahun akan disuntik mati dan kemudian masyarakat akan mulai menikmati TV digital yang memiliki gambar dan suara lebih baik serta berbagai fitur dan saluran yang bisa dinikmati secara gratis.

    Hal ini sesuai dengan arahan Menkominfo untuk mengoptimalkan kualitas layanan jaringan 4G serta mengembangkan jaringan 5G di Indonesia.

    Pita frekuensi 700 MHz yang digunakan TV analog akan menghasilkan penghematan sebesar 112 MHz ketika bermigrasi.

    Baca juga: 2022: Selamat Tinggal TV Analog, Selamat Datang TV Digital

    Nah, sisa dari spektrum ini dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain, termasuk spektrum untuk jaringan 5G.

    Program migrasi atau ASO ini akan dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu ASO Tahap I pada 30 April 2022, ASO Tahap II pada 25 Agustus 2022, dan ASO Tahap III pada 2 November 2022.

    “Dengan demikian, Indonesia akan segera menyambut era baru siaran TV digital,” terang Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo beberapa waktu lalu.

    Namun, dalam penerapan TV digital ini, masyarakat perlu menyesuaikan perangkat yang dimiliki.

    Untuk mengubah TV biasa menjadi TV digital bisa menggunakan set top box (STB) DVBT2.

    STB ini bisa dibeli di platform-platform online. STB ini adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang bisa ditampilkan di TV analog.

    Baca juga: ‘Suntik Mati’ TV Analog Bisa Tingkatkan 5G dan Ekonomi Negara

    Untuk memasangnya, kalian cukup memasukkan kabel konektor untuk audio dan video (AV) ke port yang ada di pesawat televisi. Bagi pengguna TV LED atau LCD, kalian cukup memasukkan kabel AV ke port yang ada di samping atau belakang televisi.

    Untuk menikmati siaran digital, tinggal nyalakan TV dan masuk ke menu AV lalu pengguna harus mencari siaran digital melalui STB. Dengan STB, pengguna tak usah mengganti TV biasa yang dimiliki, namun tetap harus mempunyai antena digital.

    Sebagai pengingat lagi, jangan lupa untuk mulai beralih ke TV digital karena sekitar 3 bulan lagi, pemerintah akan mematikan TV analog dan menggantinya ke TV digital.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini