icon-category Telco

30 April 'Suntik Mati' TV Analog, Sudah Siapkan STB atau TV Baru?

  • 12 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Unsplash

    Uzone.id – Rencana pemerintah melakukan migrasi dari TV analog ke digital (analog switch off/ASO) terdiri dari tiga tahap, dan tahap pertama pun dalam hitungan hari akan dilangsungkan, yakni 30 April 2022. Kira-kira apa saja yang harus dilakukan?

    Plt Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail mengatakan kalau migrasi saluran TV analog ke digital ini diharapkan dapat menyajikan siaran yang lebih berkualitas kepada masyarakat. Ia juga berharap tidak ada gejolak negatif dari masyarakat terhadap ASO ini.

    Oleh karena itu, Ismail mengingatkan kepada masyarakat untuk segera menyiapkan Set Top Box (STB) demi menunjang siaran digital.

    “Kami mengimbau agar masyarakat mempersiapkan STB, atau TV di rumah tolong dicek apakah bisa menangkap siaran digital atau tidak. Jika TV-nya belum bisa menangkap siaran digital, silakan dilengkapi dengan STB,” ungkap Ismail saat jumpa pers virtual, Selasa (12/4).

    Baca juga: Detail Tahap I Pemadaman TV Analog, Daerah Kamu Kapan?

    Ia melanjutkan, “bisa juga membeli TV baru di toko elektronik, baik online ataupun offline. Kami sudah memastikan agar perangkat TV yang dijual di pasaran itu semuanya bisa menangkap siaran digital.”

    Imbauan Ismail ini menjadi salah satu dorongan pemerintah agar masyarakat benar-benar menyiapkan diri jika migrasi dari analog ke digital sudah mulai dilakukan.

    “Pelaksanaan migrasi analog ke digital ini dilakukan secara prudent dan kami akan terus melakukan review bersama industri penyiaran agar seluruh masyarakat dapat menikmati dengan baik.

    Baca juga: 'Suntik Mati' TV Analog Bisa Tingkatkan 5G dan Ekonomi Negara

    Dari pantauan Uzone, sejauh ini perangkat STB yang dijual di platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, hingga Shopee dijual di rentang harga Rp150 ribu sampai Rp250 ribuan.

    Sementara itu, diketahui pemerintah melalui Kominfo memastikan akan menyediakan perangkat STB secara gratis untuk masyarakat kurang mampu. Hal ini juga akan didistribusikan secara berkala, namun detailnya belum dibeberkan secara rinci.

    ASO alias migrasi dari TV analog ke digital ini terbagi ke dalam tiga tahap, yaitu tahap pertama jatuh pada 30 April, tahap kedua pada 25 Agustus, dan tahap ketiga pada November 2022.

    Jika semua lancar sesuai rencana, ASO akan berakhir pada 2 November 2022, di mana kebijakan ini akan mencakup 339 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini