icon-category Digilife

30 Tahun Hadir, Microsoft Office Akan Dipensiunkan

  • 16 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Ed Hardie @impelling/Unsplash

Uzone.id – Layanan software dan aplikasi untuk mengolah berbagai data Microsoft Office akan segera dipensiunkan oleh Microsoft setelah 30 tahun hadir.

Tapi tenang saja, walau akan pensiun, tapi Microsoft Office sudah ada penggantinya. Ya, Office akan digantikan atau di-rebrand menjadi Microsoft 365.

Rencana ini sebenarnya sudah tercium semenjak tahun 2020 lalu dan baru dilaksanakan tahun ini. Menurut perusahaan, Microsoft 365 akan menjadi software yang lebih dari sekadar aplikasi kerja.

"Dalam beberapa bulan ke depan, Office.com, aplikasi seluler Office, dan aplikasi Office untuk Windows akan menjadi aplikasi Microsoft 365, dengan ikon baru, tampilan baru, dan bahkan lebih banyak fitur," kata Microsoft, dilansir dari The Verge, Sabtu (15/10).

Baca juga: Drama Warner Bros: PHK hingga ‘Kawin’ dengan Cartoon Network

Untuk saat ini, pengguna masih bisa mengakses Microsoft Word, Excel, dan aplikasi lain secara online di Office.com, tetapi akses ini akan segera dialihkan ke Microsoft365.com.

Perubahan diprediksi akan terjadi mulai dari bulan depan, dan aplikasi Office untuk Windows, MacOS, iOS, dan Android akan mulai diganti namanya pada bulan Januari tahun depan.

Lebih luas lagi, 365 tak hanya terbatas untuk pengguna komersial Microsoft namun para pelajar juga bisa menggunakannya.

Walau namanya berubah menjadi Microsoft 365, tapi nama-nama aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, Teams, Outlook, Clipchamp, Stream, dan Designer di dalamnya masih tetap sama.

Layanan ini akan mencakup akses reguler ke aplikasi Office, feed dokumen dan file terbaru, dan kemampuan untuk menelusuri meeting.

Baca juga: 5 Dampak 'Perkawinan' Disney dan Fox Seharga Rp1.003 Triliun

“Aplikasi baru ini berfungsi sebagai hub untuk semua aplikasi produktivitas yang ditawarkan Microsoft 365 dan memberikan pengalaman yang sederhana namun kuat bagi pelanggan kami,” jelas Jared Spataro, CVP pekerjaan modern di Microsoft.

Walaupun Microsoft Office kini berganti nama dan seluruh fiturnya masuk ke Microsoft 365, Microsoft menambahkan kalau "tidak ada perubahan pada paket langganan Office 365."

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini