icon-category Digilife

30 Tahun Hadir, Wordpad Bakal Dimatikan Microsoft

  • 05 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id — Wordpad, aplikasi pengolah kata dasar yang sudah familiar untuk pengguna Microsoft akan segera disuntik mati setelah hampir 30 tahun hadir. Kabar ini diumumkan perusahaan pada Jumat lalu, (01/09).

Rencananya perusahaan akan menghapus dan tidak akan memperbarui WordPad pada Windows versi mendatang sehingga pengguna tak lagi mendapatkan fitur baru ini dalam Windows terbaru mereka. 

“WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang,” tulis Microsoft, dikutip dari The Verge.

WordPad sendiri telah hadir di Windows sebagai aplikasi bawaan semenjak Agustus 1995 silam pada Windows 95.

Untuk penggantinya, perusahaan merekomendasikan aplikasi Microsoft Word yang dinilai memiliki fitur jauh lebih kaya dibandingkan WordPad.

“Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf, serta Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt,” tambah Microsoft.

WordPad sendiri sudah tidak menerima pembaruan signifikan semenjak Windows versi 8 lalu, kurang lebih semenjak 2012 setelah versi tersebut dirilis.

Kabar soal penghapusan WordPad ini muncul sehari setelah Microsoft memperbarui Notepad dengan fitur-fitur seperti penyimpanan otomatis dan pemulihan tab secara otomatis.

Berbeda dengan WordPad, Microsoft sudah melakukan pembaruan pada aplikasi Notepad semenjak 2018 dan terus berlangsung hingga saat ini.

Dengan penghapusan ini, pengguna kemungkinan besar tidak akan menemukan WordPad pada Microsoft Windows 12 mendatang yang kabarnya akan meluncur pada 2024 nanti.

Agak disayangkan memang karena kita sudah cukup familiar dengan aplikasi ini, namun apa boleh buat, setelah hampir 3 dekade, ini saatnya kita ucapkan selamat tinggal pada Microsoft WordPad.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini