home ×
Gadget

350 Juta Pengguna Aktif Per Bulan, Ini 10 Fitur Andalan di ColorOS 7

10 June 2020 By
350 Juta Pengguna Aktif Per Bulan, Ini 10 Fitur Andalan di ColorOS 7
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Hampir semua merek smartphone berbasis Android punya skin sendiri yang membedakan mereka dengan smartphone lain. Oppo misalnya, yang melakukan kostumisasi pada sistem operasi Android menjadi ColorOS.

Data internal Oppo menunjukkan jika sampai Maret 2020 kemarin, pengguna aktif ColorOS telah mencapai angka 350 juta per bulan. OS ini telah diterima oleh masyarakat pengguna smartphone di lebih dari 140 negara dan mendukung 72 bahasa.

Bisa dibilang, ColorOS memiliki jumlah pengguna yang lebih banyak ketimbang kompetitornya. Jika dibandingkan MIUI milik Xiaomi, jumlahnya hanya selang 40 juta lebih kecil dari Oppo. Monthly Active Users MIUI saat ini baru mencapai 310 juta per bulan.

Saat ini, versi yang paling terbaru adalah 7.2. Meskipun sudah diperbaharui, ada baiknya kita mengenal lebih dekat, apa saja sih fitur ColorOS 7 yang saat ini ada di hampir semua smartphone Oppo? Kami pilihkan 10 fitur yang terbaik di ColorOS 7 untuk anda.

1.Multi-user
Perangkat seperti Oppo A92 ini ternyata bisa digunakan oleh banyak orang sekaligus. Ini berkat fitur Multi-user mode yang ada di ColorOS 7. Pembeda akun pengguna harus dilakukan untuk mencegah bercampurnya data dan file pribadi, juga pengaturan ponsel. Ini akan membuat perangkat menjadi lebih aman dan kamu bisa memisahkan antara aplikasi pribadi dan pekerjaan.

Cara menggunakannya, masuk saja ke Pengaturan lalu pilih Multi-user. Kamu bisa bertindak sebagai Owner atau administrator, sedangkan yang lain adalah Guest.

2.Split Screen
Namanya juga split screen, screen-nya di split alias dibagi dua. Satu layar bisa membuka dua aplikasi sekaligus. Menonton video sambil chattingan di WhatsApp. Aktifkan dulu split screen melalui menu Pengaturan. Kamu bisa memisahkan layar dengan 3 cara.

Pertama, mengusap layar ke atas dengan 3 jari. Kedua tekan dan tahan tombol Multitask. Ketiga bisa juga melalui bar notifikasi yang bisa dibuka dengan mengusap layar ke bawah.

3.Smart Side Bar
Smart sidebar merupakan layar tambahan yang bisa muncul jika pengguna menggeser tepi layar ke arah tengah.

Untuk mengaktifkan smart side bar, tinggal masuk ke menu Pengaturan, lalu ke Alat Serba Guna. Di sana sejatinya ada menu untuk mengaktifkan Google Assistant. Namun di bagian bawahnya juga ada menu untuk mengaktifkan beberapa fitur lainnya seperti Tombol Navigasi, Bola Bantuan, Bilah Samping Cerdas dan Gestur & Gerakan.

4.Screen Recording
Bisa dibilang Oppo yang pertama kali memungkinkan penggunanya untuk merekam pergerakan layar atau screen recording. Apalagi di ColorOS 7 kita dimungkinkan untuk mem-pause proses perekaman lalu melanjutkannya kapan saja. Ini sama dengan memudahkan proses editing jika hasil screen recording ingin dipublikasikan.

Fitur ini bisa kamu aktifkan melalui bar notifikasi di bagian atas. Atau memasukkannya di smart side bar tersembungi yang ada di samping kiri layar. Bisa juga melalui Pengaturan, lalu ke System Apps, lalu ke Screen Recording

5.Clone Phone
Ini merupakan fitur untuk mempermudah pengguna Oppo memindahkan data, dari perangkat Oppo lama ke yang baru. Tak perlu kabel data atau jaringan internet. Scan saja QR Code dari ponsel lama ke baru untuk bisa terkoneksi, semua data dan file pun langsung terunduh.

6.Digital Wellbeing
Kesehatan merupakan hal yang penting dalam hidup. Itulah mengapa ColorOS dilengkapi dengan fitur Digital Wellbeing. Aplikasi ini akan membantu kamu merencanakan kebiasaan yang menyehatkan. Aplikasi ini akan memberikan data berapa lama kamu memelototi layar smartphone ini, berapa notifiksi yang kamu terima, seberapa sering kamu mengecek ponsel, dan banyak lagi.

7.Private Safe
Ingin menghindari data-data penting dari oknum yang tidak bertanggung jawab? Gunakan saja fitur Private Safe. Bisa juga disebut ‘brankas aman’ yang memungkinkan pengguna smartphone Oppo untuk menyimpan foto, video atau file penting yang sifatnya privat. Ibarat brankas, Private Safe membutuhkan password untuk membuka dan mengunci, butuh fingerprint atau scan wajah untuk membuka kunci Private Safe.

8.Riding Mode
Ini bisa jadi merupakan fitur yang cukup berguna bagi para pengendara untuk tetap fokus. Aktifkan Riding Mode agar kamu bisa fokus nyetir mobil, fokus naik motor, atau bersepeda. Riding mode memungkinkan kita untuk menjawab panggilan hanya dari orang yang kita inginkan. Semua notifikasi pun akan dimatikan akan kita tidak terdistraksi.

9.Music Party
Ingin membuat keramaian sekaligus menjadi DJ? Panggil semua teman kamu yang punya perangkat Oppo dengan ColorOS 7. Kumpulkan dan aktifkan Music Party. Fitur Music party memungkinkan banyak pengguna Oppo di satu ruangan memutar lagu yang sama, tanpa perlu perangkat tambahan. Semua perangkat Oppo akan terkoneksi melalui wifi atau hotspot pribadi yang ada di salah satu perangkat.

Tentukan koneksi yang akan digunakan bersama-sama, lalu masuk ke aplikasi Music Party. Buatlah nama 'party' yang ingin digunakan lewat 'Create Party'. Pilihlah nama yang lucu. Lalu setting lagu-lagu yang akan diputar di perangkat host.

Oia, Create Party dibuat oleh orang yang ingin menjadi host atau 'tuan rumah' dari pesta musik itu. Jadi dialah yang akan menjadi DJ-nya di acara pesta musik di perangkat Oppo itu.

10.Soloop
Mengedit video pendek untuk disebar di TikTok? Pakai saja Soloop di ColorOS 7. Di sini, pengguna Oppo dimungkinkan untuk mengedit video, menambahkan filter, musik dan efek ke dalam video hanya dalam beberapa detik. Mudah dan cepat

Sebenarnya ada banyak fitur ColorOS yang bisa kamu andalkan untuk memaksimalkan smartphone Oppo. Namun 10 fitur ini dirasa paling berfaedah dan dijamin bisa memudahkan hidup kamu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id