icon-category Digilife

4 Bahasa Gaul Favorit Konten Kreator

  • 13 Mar 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Mateus Campos Felipe/Unsplash

Uzone.id - Di jaman yang serba viral ini, kita pasti sudah tak asing dengan konten kreator yang menjamur di berbagai sosial media.

Selain memberikan hiburan yang bermacam-macam, mereka juga turut menghadirkan tren yang diikuti banyak orang. Mereka juga sering mempopulerkan berbagai hal, mulai dari produk, goyangan dance, musik dan bahkan bahasa gaul.

Tentu kita sering mendengar kata-kata khas para kreator media sosial, misalnya kalimat yang berakhiran dengan kata ‘guys’ atau yang baru-baru ini terkenal, ‘TBL TBL TBL Takut Banget Loh.

Ya, semuanya berawal dari kata-kata khas konten kreator lalu disebarkan oleh followersnya, lalu menyebar luas ke semua kalangan.

Gak cuman di TikTok, tren bahasa gaul ala-ala kreator juga muncul di platform video pendek lainnya, salah satunya SnackVideo. 

Berikut ini adalah empat kata gaul yang populer di kalangan para konten kreator di SnackVideo.

Anak Sultan

Kata ini sering kali kita jumpai ketika melihat orang-orang yang berkelakuan seperti ‘Sultan’ atau raja, mulai dari fashion hingga gaya hidup.

Sultan sendiri berdasarkan KBBI artinya adalah raja atau baginda. Namun, secara umum dalam Bahasa Indonesia, sultan kerap digunakan untuk menyebut pemimpin dari negara-negara timur tengah, seperti Sultan Arab dan sebagainya.

Mengingat pemimpin negara timur tengah memiliki harta melimpah ruah, akhirnya muncullah istilah ‘Anak Sultan’ untuk anak-anak kaya yang punya gaya hidup glamour. 

Baca juga: Tips Pura-Pura Offline di WhatsApp Saat Weekend

Terminologi ini digunakan pengguna dan konten kreator untuk memanggil konten kreator lainnya yang lebih ternama dan berpenghasilan lebih.

Fun fact

Fun fact artinya fakta yang menyenangkan. Istilah ini biasanya digunakan konten kreator untuk mendeskripsikan suatu fakta yang unik dan bisa menyenangkan hati pendengarnya.

Contohnya, “Fun fact, Indonesia adalah rumah dari makanan terenak di Dunia, Rendang.” 

Biasanya, konten kreator yang berbasis edukasi menggunakan istilah ini untuk mendukung konten mereka yang berisi pengetahuan bagi penontonnya mengenai suatu hal yang jarang diketahui orang banyak.

POV

POV adalah kepanjangan dari Point of View, yang kalau diartikan berarti sudut pandang. POV menjadi populer karena konten kreator sering menggunakan istilah tersebut untuk memosisikan dirinya pada suatu situasi atau karakter.

Konten POV saat ini tengah trending dan populer di kalangan kreator karena membuat penontonnya membayangkan atau berimajinasi sesuai POV yang ditentukan dalam video pendek.

Mukbang

Terakhir adalah Mukbang atau Meokbang. Istilah dari Bahasa Korea ini berasal dari dua kata yaitu Muk-ja yang berarti makan, dan bang-song yang artinya siaran. 

Baca juga: Cegah Penipuan, Pengguna Bisa Cek Latar Belakang Teman Kencan di Tinder

Mukbang berarti aktivitas siaran yang isinya makan-makan. Saat ini, banyak banget konten kreator yang sering melakukan Mukbang. 

Tapi kreator sering menambahkan gimmick dalam kegiatan mukbang ini, baik makanannya yang unik atau dalam jumlah yang banyak, ke dalam konten mukbang yang mereka buat. 

Alhasil, orang Indonesia sering banget salah mengartikan kata mukbang. Banyak yang mengira mukbang adalah makan dalam jumlah besar. Padahal arti yang sebenarnya adalah menyiarkan video saat sedang makan.

Nah, itu dia beberapa kata-kata gaul yang sering kali digunakan konten kreator di berbagai platform video pendek, khususnya SnackVideo.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini