home ×
Digilife

4 Cara Jitu Amankan Akun Instagram dari Komentar Kasar

02 August 2021 By
4 Cara Jitu Amankan Akun Instagram dari Komentar Kasar
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Akun Instagram pribadi kita harusnya menjadi ruang yang aman serta bebas untuk mengekspresikan diri tanpa takut dihujat.

Tapi, seperti banyak kasus yang sudah terjadi, masih banyak kasus-kasus pembullyan online lewat platform sosial media, termasuk Instagram. Contohnya saja, akun Instagram pemain bola Inggris yang dihujat habis-habisan karena gagal membawa pulang piala EURO 2020.

Kejadian tersebut bisa saja terjadi ke siapapun, bahkan orang-orang biasa sekalipun. Nah, demi keamanan dan kenyamanan bermain Instagram, ada beberapa cara untuk mencegah konten kasar muncul di akun kalian.

Berikut beberapa tips jitu untuk menghalau konten-konten dan komentar kasar muncul di akun Instagram

Matikan DM dari orang yang tidak diikuti

Semua akun Instagram memiliki opsi untuk menonaktifkan pesan langsung dari orang-orang yang tidak diikuti.

Untuk mengubah pengaturan ini, caranya buka Pengaturan di Instagram, pilih "privasi" kemudian "pesan".

Setelah itu, pilih "pengikut Anda di Instagram" dan pilih "jangan terima permintaan". Lalu, klik ‘lainnya di Instagram’ dan pilih ‘jangan terima permintaan’ untuk memastikan akun yang bukan follower tidak bisa mengirim DM.

Saring pesan dan komentar yang kasar

April lalu, Instagram meluncurkan fitur baru agar pengguna bisa menyaring pesan dan komentar negatif yang mengandung kata-kata dan emoji kasar.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke bagian pengaturan privasi yang disebut "Hidden Words.”

Dalam fitur ini, kalian bisa membuat daftar kata-kata, emoji yang dianggap ‘menyinggung’ agar nanti tidak muncul di akun kalian. Kelebihan dari fitur ini, meski kata yang di mute salah eja, kata itu tetap takkan muncul di komentar dan pesan kalian.

Jangan lupa aktifkan juga ‘sembunyikan komentar’ dan ‘sembunyikan permintaan pesan’ di pengaturan kalian

Blokir profil dan akun-akun palsu

Jika kalian diserang oleh individu tertentu, kalian bisa langsung memblokir akun mereka dan juga memblokir akun-akun baru yang mungkin dibuat oleh pelaku.

Ketika memblokir, kalian bisa memilih akun asli dan akun-akun baru yang mereka buat agar mereka tak muncul lagi di Instagram kalian.

Batasi atau matikan komentar  

Jika profil kalian jadi sasaran dan kalian dapat banyak hujatan di komentar, kalian bisa menonaktifkan secara sementara komentar di semua postingan maupun postingan tertentu.

Jika satu post yang ingin dinonaktifkan, kalian tinggal klik tiga titik di sudut kanan atas postingan dan pilih nonaktifkan komentar,

Kejadian buruk di sosial media seharusnya tidak menimpa siapapun. Tidak seorangpun harus menerima kata-kata pedas di platform digital. Semoga dengan cara-cara diatas, kita bisa mencegah orang yang hendak mengirimkan komentar kasar.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id