Auto

4 Fakta Tol Jombang-Mojokerto Sering Terjadi Kecelakaan

  • 06 November 2021
  • Bagikan :
    4 Fakta Tol Jombang-Mojokerto Sering Terjadi Kecelakaan

    Mitsubishi Pajero Sport yang ditumpangi Vanessa Angel (Foto: Ari W / Twitter)

    Uzone.id - Vanessa Angel dan suami, Febri 'Bibi' Ardiansyah, meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal di ruas Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) di Km 672+300/A, Jawa Timur, pada Kamis (4/11/2021).

    Mitsubishi Pajero warna putih nomor polisi B 1264 BJU dalam kondisi hancur di bagian hidung dan samping kiri. Polisi melaporkan mobil yang ditumpangi Vanessa Angel itu menabrak beton pembatas kiri.

    Polisi menduga supir bernama Tubagus Joddy mengantuk saat membawa mobil Pajero Sport tersebut.

    Berikut ini beberapa fakta mengenai Tol Jomo yang mungkin wajib kamu ketahui:

    BACA JUGA: 4 Fitur Keselamatan Pajero Sport Dakar Ultimate yang Dipakai Vanessa Angel

    1. Diresmikan Jokowi

    Tol Jombang diresmikan Presiden Jokowi pada tahun 2017 didampingi Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

    Jokowi saat itu mengatakan bahwa hal-hal yang fundamental agar segera diselesaikan terutama di jalur-jalur logistik sehingga ekonomi juga ikut meningkat. Dengan diresmikannya Jalan Tol Jombang–Mojokerto ini semoga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung, seperti dilansir dari Kementerian PU.

    2. Astra Infra Grup

    Astra Infra grup mengakuisisi 100 persen saham PT Marga Harjaya Infrastruktur pada Agustus 2011 sebagai pemegang konsesi untuk ruas Tol Jombang-Mojokerto (Mojo) sepanjang 40,5 km.

    Tol Mojo Seksi 1 sepanjang 14,7 km beroperasi pada Oktober 2014, menyusul seksi 3 sepanjang 5 km yang beroperasi pada November 2016, dan Seksi 2 sepanjang 19,9 km pada September 2017.

    Seksi 4 sepanjang 0,9 km telah beroperasi pada Desember 2018 bersamaan dengan Tol Solo-Kertosono.

    BACA JUGA: Penyebab Kecelakaan Vanessa Angel Diungkap dengan Metode Traffic Accident Analysis

    3. Tol Jomo Punya Tiga Gerbang

    Ruas tol Jombang-Mojokerto secara keseluruhan punya tiga gerbang tol, yakni Gerbang Tol Jombang (Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jawa Timur), Gerbang Tol Bandar (Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang), dan Gerbang Tol Mojokerto Barat (Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Mojokerto, Jawa Timur).

    4. Sering Terjadi Kecelakaan

    Seorang pengguna Twitter membagikan informasi kecelakaan yang tertera di papan digital di ruas Tol Mojo. Terlihat, sampai dengan Oktober 2021 terjadi 117 Kali kecelakaan dan mengakibatkan 2 orang meninggal dunia.

    Kemudian, melansir dari Kompas.com, ada 179 kasus kecelakaan di ruas Tol Mojo pada tahun 2019 dan empat di antaranya meninggal dunia.

    Kemudian ada 80 kasus kecelakaan pada tahun 2018. Kepala Departemen Operasi Pemeliharaan dan Public Relation PT Astra Infra Toll Road Jomo Deni Hardani menjelaskan kecelakaan yang sering terjadi di ruas Tol Jomo paling banyak karena supir mengantuk dan pecah ban.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini